Scroll to Top

Terkait Pelanggaran Paten, Apple Minta Samsung Bayar USD 3 Miliar

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 19 Sep 2012

Meski telah dinyatakan menang di pengadilan, namun geger paten antara Apple vs Samsung nampaknya belum usai. Rumor terbaru yang berhembus, Apple meminta Samsung membayar tiga kali lipat dari kewajiban sebelumnya yakni USD 3 miliar.

Bulan Agustus lalu, pengadilan telah memutuskan jika Samsung terbukti melanggar tujuh klaim pelanggaran paten Apple di desain iPhone dan iPad. Sembilan juri membutuhkan waktu tiga hari untuk menganalisa Samsung bersalah yang berujung dengan ‘denda’ senilai USD 1,05 miliar.

Dikutip dari CNET News dan dilansir dari Korea Times, Rabu (10/09/12), pengacara Apple berencana untuk meminta Hakim Federal Lucy Koh memerintahkan Samsung membayar tiga kali lipat (USD 3 miliar) setelah kehilangan gugatan paten baru-baru ini antara dua perusahaan.

Dalam mencari ‘denda’ tiga kali lipat ini Apple akan bergatung pada keputusan juri yang memutuskan Samsung bersalah atas willfull infringement di lima dari enam paten yang diajukan. Dan dari keputusan ini juri bisa menganggap jika Samsung sengaja melanggar paten Apple.

“Dengan menggunakan kondisi yang demikian, Apple meminta hakim untuk memerintahkan Samsung membayar tiga kali lipat pada sidang putusan San Jose pada 21 September nanti di California,” terang seorang eksekutif hukum senior pada Korea Times.

Polemik Samsung vs Apple melahirkan beberapa dampak lain diluar paten. Sebut saja pamor Apple yang justru meredup pasca putusan persidangan. Google (Android) pun telah ancang-ancang untuk mensiasati persoalan ini. CEO Google dan Apple telah bertemu secara rahasia untuk membahas tentang masalah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda