Scroll to Top

Jenis Bakteri Penyebab Penyakit yang Hidup Dalam Makanan

By C Novita / Published on Wednesday, 19 Sep 2012

bakteri dalam makanan

Terjadinya kasus keracunan makanan akibat adanya bakteri yang hidup dalam makanan tersebut, cukup sering terjadi. Bahkan terkadang wabah keracunan makanan tersebut menyerang puluhan orang, dan memakan korban jiwa.

Berikut ini adalah beberapa jenis bakteri yang hidup dalam makanan dan dapat memicu penyakit;

  • 1. E. coli (Escherichia coli)

Ini adalah bakteri yang suka hidup pada usus makhluk hidup seperti manusia, sapi, kambing. Karenanya berhati-hatilah jika Anda mengkonsumsi susu segar mentah, daging setengah matang, dan jus buah yang tak bersih di cuci. Manusia yang terkontaminasi E coli akan menderita gejala diare berat, sakit perut, muntah-muntah.

  • 2. Listeria.

Bakteri ini hidup di tanah dan air, hingga mudah sekali berpindah ke jenis sayuran dan buah yang langsung bersentuhan dengan tanah. Juga buah yang kulitnya keras misalnya melon, semangka dan ketimun. Bahkan dalam lemari pendingin sekalipun, bakteri ini dapat menyebar. Karenanya bersihkan buah sebelum dimasukkan dalam lemari pendingin. Gejala akibat bakteri ini adalah demam, panas dingin, sakit kepala, sakit perut.

  • 3. Vibrio parahaemolyticus.

Hidup dalam jenis makanan laut atau seafood mentah. Jika terinfeksi bakteri ini, maka akan timbul mual, muntah demam, dan diare.

Bakteri ini hidup pada telur mentah, daging, dan makanan mentah lain. Menjaga kebersihan makanan sebelum dikonsumsi dengan cara memasak terlebih dahulu akan menjauhkan infeksi seperti diare, demam, sakit perut, dan sakit kepala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda