Scroll to Top

PSSI Vs KPSI: Jelang Rapat Kedua Joint Committee (JC)

By Aditya / Published on Thursday, 20 Sep 2012

La Nyalla - Djohar Arifin

Setelah berkali-kali gagal, rapat kedua Komite Gabungan alias Joint Committee (JC) akhirnya akan digelar pada Jumat (20/9/2012) di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan PSSI hasil KLB Ancol versi KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti pun bersiap-siap menyongsong agenda penting tersebut.

Joint Committee (JC) merupakan komite yang dibentuk berdasarkan MoU antara PSSI dan KPSI di bawah kesaksian perwakilan FIFA dan AFC. Anggota JC terdiri dari utusan PSSI dan KPSI, yaitu Todung Mulya Lubis, Saleh Mukadar, Catur Agus Saptono, dan Widjajanto dari PSSI, serta Togar Manahan Nero, Djoko Driyono, Hinca Panjaitan, dan Dzamal Azis dari KPSI.

Todung Mulya Lubis selaku Ketua Joint Committee menyatakan bahwa semua anggota Komite Gabungan telah siap menghadiri kongres besok. Menurutnya, membahas penyelesaian dualisme kompetisi tetap menjadi agenda utama kendati para anggota JC dari KPSI belum menyepakatinya.

“Semua anggota JC sudah menyatakan siap hadir. Fokus utama dalam pertemuan JC adalah membahas upaya penyatuan liga yang memang menjadi agenda utama,” tandas Todung Mulya Lubis di Jakarta, Rabu (19/9/2012).

“Selama penyatuan liga itu belum bisa dilakukan, maka akan sangat sulit untuk melangkah ke agenda selanjutnya,” imbuhnya.

PSSI, lanjut Todung Mulya Lubis, sudah mempersiapkan semuanya untuk mempresentasikan solusi penyatuan kompetisi. Salah satunya adalah konsep Red & White yang akan diterapkan sebagai bentuk peleburan Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL).

“Kami memang ingin mulai dengan penyatuan liga, karena memang itu kesepakatan pada pertemuan pertama pada 12 Juli (2012) di Hotel Le Meiridien. Maka dari itu, PSSI sudah menyiapkan working papers untuk penyatuan liga,” ujar Todung Mulya Lubis.

“Dalam kertas kerja ini, cukup detil konsep yang disiapkan dari PSSI untuk penyatuan liga. Ini akan kami sampaikan dalam pertemuan nanti,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda