Scroll to Top

Tips Facebook untuk Bisnis dan Marketing bagi UKM

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 20 Sep 2012

Facebook untuk Bisnis

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika Facebook tak lagi sekadar jejaring sosial. Facebook bisa jadi tool powerfull bagi bisnis maupun marketing. Dan berikut sedikit tips bagaimana memaksimalkan Facebook untuk bisnis dan marketing bagi pelaku UKM yang dikutip dari situs Ciputra Entrepreneurship.

1. Tambahkan video

Menambahkan video ke Facebook bisa melalui dua pintu. Pertama langsung menggunakan fitur pengunggah video di Facebook, dan yang kedua dengan memanfaatkan situs berbagi video seperti Youtube. Dengan video, konten yang dialirkan bisa lebih luas, tajam, dan mengena jika dibandingkan hanya sekadar teks maupun foto (gambar).

2. Posting setelah jam kerja

Cobalah untuk menabrak kebiasaan. Posting konten di Facebook di luar jam kerja, sebut saja pagi atau di malam hari, atau di jam-jam lain selain jam kantor (9 pagi hingga 5 sore). Statistik menunjukkan jika di waktu-waktu tersebut justru banyak pengguna Facebook yang sedang online. Dan jangan risau, sebab ada beberap tool yang bisa membantu untuk penjadwalan posting. Sebut saja Hootsuite atau TweetDeck.

3. Foto kreatif

Memosting foto atau gambar sebgai konten marketing memang wajib dilakukan. Lebih disarankan lagi jika pebisnis mengunggah foto yang lebih kreatif dengan menambahkan ornamen lain. Sebut saja teks maupun ornamen lain yang mengikat keterlibatan pengguna. Dan jangan lupa untuk mencantumkan sumber foto jika memang foto yang diunggah bukan milik pribadi.

4. Sponsored post

Jika memiliki dana lebih untuk beriklan, gunakan sponsored post. Fitur beriklan di Facebook ini sangat cocok untuk mengalirkan informasi yang seperti diskon produk, promo, dan informasi lain yang membutuhkan penyebaran secara cepat dan tepat. Tanpa sponsored post umumnya hanya 16% konten yang dialirkan bisa menjangkau pengguna.

5. Keterlibatan pengguna

Bilamana pebisnis sedang memersiapkan, mengolah, atau menyempurnakan produk yang dimiliki, alangkah lebih baiknya jika melibatkan pengguna dalam menentukan produk tersebut. Lempar konten berupa pertanyaan dan poling yang meminta pengguna untuk ikut urun rembug.

6. Penjadwalan

Di atas telah disinggung jika terdapat tool powerfull dalam mendukung pebisnis dalam marketing via Facebook terkait dengan penjadwalan. Fungsi penjadwalan sangat penting. Pebisnis bisa memosting konten di waktu-waktu yang dipilih namun dalam saat yang bersamaan. Penjadwalan dilakukan juga karena pebisnis tidak pasti 24 jam online di Facebook.

7. Kontes

Keterlibatan pengguna sangat penting dalam marketing di Facebook. Salah satu jurus ampuh dalam menarik keterlibatan pengguna yakni melalu sebuah kontes. Buat sebuah kontes terkait dengan produk atau layanan yang dimiliki kemudian ajak mereka untuk ikut di kontes tersebut. Namun jangan lupa untuk memberikan mereka award.

8. Konsisten dan tekun

Mengelola laman di Facebook untuk marketing dan bisnis tidak membutuhkan waktu sehari, seminggu, atau sebulan. Jika ingin berhasil mungkin akan membutuhkan waktu tahunan. Sehingga pebisnis harus konsisten dan tekun. Pebisnis harus memiliki komitmen yang kuat sebab kesuksessan bukanlah sebuah jalan instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda