Scroll to Top

Emoticon Smiley :-) Genap Berusia 30 Tahun Hari Ini

By Ditya / Published on Thursday, 20 Sep 2012

Scott Fahlman

Emoticon smiley :-) telah genap berumur 30 tahun hari ini. Emoticon smiley ini biasanya digunakan untuk mewakili perasaan atau ekspresi seseorang melalui tanda baca ini pertama kali diketik atau lahir pada 19 September 1982.

Awalnya emoticon smiley ini lahir dan di dunakan di World Wide Web (WWW) dan seiring berjalannya waktu, emoticon smiley ini telah digunakan di hampir semua perangkat komunikasi dan komputer, bahkan yang tidak terhubung dengan internet.

Ikon emoticon smiley sendiri kini merupakan hal yang biasa dan telah hadir di berbagai perangkat dan berbagai aktivitas seperti SMS dan chatting. Emoticon smiley sendiri diciptakan oleh seorang nerd dan sering digunakan sebagai lelucon culun.

Penggunaan emoticon smiley ini pertama kali oleh Scott Fahlman dari Carniege Mellon University (CMU) yang berlokasi di Pittsburg, Pennsylvania 30 tahun yang lalu.

Hadirnya emoticon smiley ini yang juga menjadi tonggak sejarah bagi smiley telah diabadikan di situs CMU di cs.cmu.edu/smiley. Halaman tersebut berisi peringatan emoticon smiley yang pertama kali digunakan pada percakapan.

Pada percakapan tersebut terdapat nama-nama seperti Joseph Ginder, Anthony Stentz, Keith Wright, Leonard Hamey, Jim Crowley, Guy Stelee dan tentu saja Scott E Fahlman yang pertama kali menggunakan :-) dalam percakapan.

“Saya mengusulkan bahwa urutan karakter berikut untuk penanda lelucon: :-). Bacalah samping. Sebenarnya, itu mungkin lebih ekonomis untuk menandai hal-hal yang TIDAK lelucon, mengingat tren saat ini. Untuk ini, gunakan :-(,” tulis Scott E Fahlman pada percakapan 30 tahun lalu.

Seperti yang dilansir dari The Next Web (19/09/2012), percakapan diatas adalah pertama kali emoticon smiley :-) digunakan sebagai penanda lelucon atau ekspresi yang mewakili perasaan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda