Scroll to Top

ZTE Luncurkan Ponsel Firefox OS Awal 2013

By Ditya / Published on Thursday, 20 Sep 2012

Firefox OS 1

Mozilla tampaknya cukup serius untuk terjun dan bersaing di pasar sistem operasi mobile melalui Firefox OS dengan menggandeng vendor ponsel, salah satunya ZTE. Ponsel ZTE dengan sistem operasi Firefox OS dikabarkan akan diluncurkan awal tahun 2013.

Sampai saat ini, informasi mengenai Firefox OS memang masih sangat terbatas. Informasi yang muncul tentang Firefox OS hanya sebatas video demo dan screenshot saja, sehingga banyak yang belum mengatahui detail Firefox OS.

Mozilla dikabarkan telah menjalin kerjasama dengan vendor ponsel asal China, ZTE, untuk menghadirkan ponsel dengan sistem operasi Firefox OS yang akan diluncurkan awal tahun 2013 nanti.

ZTE sendiri sejauh ini telah menawarkan produk ponsel dengan berbagai sistem operasi seperti Android dan Windows Phone, bahkan baru-baru ini santer terdengar kabar bahwa ZTE tertarik untuk meluncurkan ponsel Windows Phone 8.

Melalui kerjasama dengan Mozilla, ZTE akan mencoba peruntungan dengan sistem operasi yang benar-benar baru serta tidak terlalu mengandalkan penjualan ponsel Windows Phone dan Android yang telah banyak saingannya di pasar.

Ponsel ZTE dengan sistem operasi Firefox OS ini kabarnya akan diperkenalkan di Brazil untuk pertama kalinya. Melihat ketatnya persaingan antara iOS, Android dan Windows Phone membuat banyak pihak yang pesimis dengan Firefox OS sebagai OS pendatang baru.

Mozilla sendiri yakin dapat memasuki pasar tanpa harus berhadapan langsung dengan Android dan iOS, mengingat sistem operasi Firefox OS dirancang agar ringan, hemat resource sehingga dapat digunakan pada ponsel kelas low-end sekalipun.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (19/09/2012), pasar kelas low-end akan menjadi target utama Firefox OS, karena saat ini Android dan iOS menyasar kelas menengah keatas, sehingga ruang kosong di kelas low-end akan diisi oleh Firefox OS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda