Scroll to Top

Microsoft Segera Tambal Celah Zero-Day Internet Explorer

By Ditya / Published on Thursday, 20 Sep 2012

celah Internet Explorer

Raksasa perangkat lunak Microsoft segera merespon laporan mengenai ditemukannya celah keamanan yang dinamai zero-day pada browser besutannya, Internet Explorer. Microsoft mengatakan bahwa pihaknya akan segera merilis patch untuk menambal celah keamanan pada browser Internet Explorer.

Ditemukannya celah kemanan zero-day yang ditemukan di browser Internet Explorer ini memang dinilai sebagai celah kritis, hal ini berbuntut larangan penggunaan browser Internet Explorer oleh pemerintah Jerman.

Tak hanya pemerintah Jerman, para peneliti dan pakar kemanan juga merekomendasikan pada pengguna internet agar beralih dari browser Internet Explorer dan menggunakan browser lain seperti Firefox, Opera dan Chrome dengan alasan keamanan.

Microsoft sendiri cukup tanggap dengan merilis update yang disebut dengan “Fix It” untuk melincungi pengguna browser Internet Explorer dari ancaman serangan dan eksploitasi hacker melalui celah keamanan zero-day.

Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini juga menjanjikan update keamanan penuh untuk menutup lubang zero-day yang akan dirilis pada hari Jumat (21/09/2012) mendatang.

“Fix It adalah langkah mudah dengan sekali klik untuk membantu melindungi komputer Anda dengan segera. update ini tidak mempengaruhi aktivitas Anda di internet serta tidak memerlukan reboot, sehingga cukup praktis,” kata Yunsun Wee, TrustWorthy Computer Director di Microsoft.

Seperti yang dilansir dari CNET (19/09/2012), celah kemanan zero-day ini dinilai sebagai celah kemanan yang cukup parah dan kritikal. Hal ini semakin berbahaya jika pengguna mengunjungi website berbahaya yang mengandung malware.

Tak hanya itu, hacker bisa saja memanfaatkan celah kemanan zero-day ini untuk mengirim malware dan melakukan eksploitasi terhadap komputer milik pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda