Scroll to Top

Bathtub Raksasa Jadi Ikon Terbaru Kota Amsterdam

By C Novita / Published on Thursday, 20 Sep 2012

museum bentuk bathtub

Melihat sekilas, maka orang mungkin akan mengira bangunan besar di Amsterdam itu mirip sebuah wastafel. Namun perancangnya, Crouwel Mels, berkata bahwa bangunan besar itu sebenarnya terinspirasi dari sebuah bathtub.

Crouwel Mels dipercaya untuk menjadi arsitek dari bangunan ‘bathtub’ raksasa yang difungsikan menjadi sebuah museum bernama The Stedelijk Museum Amsterdam.

Museum dengan bentuk unik tersebut sengaja direnovasi dari bentuk awalnya yang terbuat dari bata merah, agar dapat menjadi satu bangunan ikon dari kota Amsterdam, Belanda.

Museum tersebut pertama kalinya dibangun pada abad ke-19 oleh Adriaan Willem Weissman, lalu baru-baru ini mengalami renovasi total dengan bentuk baru yang diharapkan dapat memancing perhatian masyarakat dunia.

Tepatnya pada tahun 1874 museum tersebut diresmikan, dan mengambil tema seni modern klasik, kontemporer, dan desain. Isinya adalah berbagai sumbangan karya seni dari para seniman di dunia.

Letak bangunan museum tersebut tepat di sebelah Van Gogh Museum, Rijksmuseum dan juga Concertgebouw, Amsterdam, Belanda.

Museum berbentuk bathtub ini dibuat dari serat khusus yang diperkuat dan memiliki tinggi 9,1 m2.

Rencananya, setelah usai direnovasi menjadi ‘bathtub’, museum ini akan mulai dibuka kembali pada tanggal 23 September nanti.

Anda yang hendak ke Belanda, jangan lupa main ke museum ‘bathtub’ sekaligus bangunan ikon dari kota Amsterdam ini, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda