Scroll to Top

Minum Air Putih Bisa Menjaga Kesehatan Jantung?

By C Novita / Published on Thursday, 20 Sep 2012

minum air putih

Karena alasan rasa, kadang orang lebih memilih meminum minuman bersoda atau minuman berasa lainnya dibanding minum air putih. Padahal minum air putih menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan yang kadang bahkan tak terfikir sebelumnya.

Apa saja manfaat tersembunyi minum air putih tersebut? Berikut seperti dilansir oleh situs Shape;

  • 1. Melindungi jantung. Konsumsi air putih hingga lebih dari 5 gelas per harinya bisa menurunkan resiko serangan jantung 41%. Demikian hasil studi yang terbit di American Journal of Epidemiology. Bahkan, resiko kanker usus dan kandung kemih pun dapat berkurang hingga 45%.
  • 2. Mencegah Pusing. Pusing atau bisa juga migrain dapat dicegah dengan minum air putih. Ini berdasar hasil studi dari University of Masstrict, yang mengatakan bahwa minum 7 gelas air putih sehari bisa membantu mencegah dan meredakan pusing.
  • 3. Menjaga konsentrasi. Kurang minum dapat mengakibatkan dehidrasi yang akibatnya adalah berkurangnya konsentrasi. Dengan minum air putih yang cukup, maka konsentrasi terjaga dan dapat pula mengurangi rasa lelah.
  • 4. Meningkatkan ketajaman otak. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan juga otak yang merupakan pusat berfikir. Jika cairan tubuh berkurang 1% saja dari berat tubuh, maka sudah mampu menyebabkan fungsi-fungsi berfikir berkurang. Dan jika kebutuhan akan air terpenuhi, 8-10 cangkir sehari, performa berfikir pun meningkat hingga 30%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda