Scroll to Top

Miyabi Jadi Materi LKS Bahasa Inggris SMP

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 21 Sep 2012

miyabi

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata ‘Miyabi’ atau ‘Maria Ozawa’? Sosok bintang film dewasa Jepang ini ternyata muncul dalam materi buku LKS (Lembar Kerja Siswa) pelajaran Bahasa Inggris SMP kelas 3. Hal ini tentu menimbulkan berbagai pandangan negatif dari kalangan pemerhati pendidikan, yang menganggap pemampangan foto Miyabi tersebut tidak patut.

Miyabi dikenal sebagai artis porno Jepang. Image demikianlah yang melekat pada perempuan bernama asli Maria Ozawa ini. Ada sedikit kejanggalan, dengan statusnya yang demikian, Miyabi justru muncul dalam materi LKS pelajaran Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh CV Sinar Mulia.

Dalam bab 2 bagian task 6, pada halaman 36 LKS tersebut, siswa diminta untuk mendeskripsikan secara singkat apa pun yang ada dalam gambar. Semisal, dalam contoh terdapat gambar Hamster. Maka, paparan singkat tentang hewan tersebut dijabarkan dalam bentuk pertanyaan dan jawaban sebagai berikut.

X: Do you know this animal?
Y: Yes, it is a hamster
X: What do you think about it?
Y: How beautiful it is.

Masalahnya, pada gambar ketiga, terdapat foto Miyabi –dengan pakaian sopan—. Maka, sesuai dengan perintah, siswa diminta untuk membuat pertanyaan dan jawaban untuk menjelaskan siapa Miyabi tersebut dengan bahasa Inggris yang sederhana. Dikhawatirkan, siswa kemudian mencari tahu siapa Miyabi ini.

Menurut Iwud Widiantoro, aktivis AMPM (Aliansi Masyarakat Peduli Mojokerto), seperti dikutip Kompas (20/9) dengan keingintahuan yang menggebu sesuai usia remaja, bukan tidak mungkin siswa kemudian melongok ke internet. Dan bisa-bisa yang ditemuinya adalah foto seronok Miyabi. Pada akhirnya, hal ini dapat merusak moral siswa.

Iwud Widiantoro tidak hanya mengkritik foto Miyabi dalam LKS tersebut, tetapi juga foto-foto artis yang ada di sana. Semestinya, yang ditampilkan adalah foto tokoh penting atau karikatur yang mendidik.

Tidak hanya aktivis LSM yang menganggap tampilan Miyabi dalam LKS Bahasa Inggris sebagai sebuah permasalahan besar. Isa Anshori, ketua Hotline Pendidikan Surabaya, seperti dikutip detik, mempertanyakan adakah keterkaitan Miyabi dengan mata pelajaran Bahasa Inggris tersebut sehingga fotonya ‘harus ditampilkan’. Mengapa yang dipilih adalah Miyabi, dan bukan tokoh lain.

Buku LKS Bahasa Inggris untuk kelas 3 SMP yang diterbitkan CV Sinar Mulia ini sendiri sudah mengundang reaksi keras dari para wali murid. Mereka meminta buku tersebut ditarik karena  berpotensi mempengaruhi moral buruk siswa.

(Kompas/Detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda