Scroll to Top

4 Tips Aman Menggunakan Facebook di Kantor

By Aisyah Indarsari / Published on Sunday, 07 Aug 2011

Kantor Anda memblokir akses Facebook di jaringan internetnya? Atau Anda sering merasa tidak enak hati karena selalu ketahuan bos Anda ketika sedang membuka Facebook? Anda bisa coba beberapa tips dibawah ini seperti yang dikutip dari Allfacebook:

1. Nonaktifkan Facebook chat Anda

Apabila kolega atau bahkan bos Anda masuk dalam daftar teman Anda di Facebook, mereka akan selalu mendapat notifikasi dan mengetahui jika Anda sedang login di akun Facebook Anda. Jika Anda tidak ingin ketahuan sedang membuka Facebook diwaktu kerja, pastikan pada saat terakhir kali Anda mengakses Facebook, Anda sudah menonaktifkan Facebook chatnya. Sehingga kapanpun Anda mengakses kembali Facebook Anda, setting chat Anda akan tetap dalam posisi offline. Bagaikan “sign in as invisible” kan?!

2. Mengakali alamat website yang diblokir perusahaan Anda

Apabila alamat URL Facebook (http://www.facebook.com) merupakan salah satu alamat situs yang diblokir perusahaan Anda, Anda dapat mengakalinya dengan mengetik http://www.www.facebook.com pada browser Anda. Atau bahkan hanya dengan menambahkan huruf “s” setelah kata “http”: https://www.facebook.com. Percayalah, Anda tetap akan dapat masuk ke halaman login Facebook dengan URL diatas.

3. Sembunyikan URL Facebook pada Network Log perusahaan Anda

Jika Anda paham tentang Network Log di perusahaan Anda, tips ini juga bisa Anda coba di kantor. Bagaikan menghapus history di browser Anda. Atasan Anda tidak akan bisa membuktikan jika Anda telah mengakses Facebook di waktu kerja Anda.

4. Install Panic Button pada browser Anda

Panic Button ini berfungsi untuk menutup browser Firefox Anda secara instan, dengan tanpa mengeksekusi semua program yang sedang berjalan didalamnya. Jika Anda buka browsernya kembali, semua tab yang sedang Anda jalankan tetap bisa muncul seperti sedia kala. Mirip me-minimize sebuah windows yang sedang aktif, akan tetapi bedanya, tidak ada jejak minimize sama sekali jika Anda menggunakan panic button ini.

5. Tetaplah berhati-hati

Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akhirnya akan jatuh juga. Bagaimanapun lihainya Anda mengakali peraturan yang tidak memperbolehkan Anda mengakses Facebook di kantor, masih ada kemungkinan Anda tetap akan ketahuan. Dan jika Anda tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin sanksi sudah menunggu Anda jika Anda melanggar peraturan tersebut.

Jadi intinya, walaupun tips-tips diatas mungkin sesekali waktu bisa dimanfaatkan (misalnya pada jam istirahat kantor atau diluar jam kerja), akan lebih baik jika Anda mengindahkan peraturan perusahaan Anda. Karena hal tersebut pasti demi meningkatkan performa Anda di perusahaan tersebut.

Jika Anda tetap ingin mengakses Facebook di kantor Anda, aplikasi Facebook sudah hampir bisa Anda dapatkan di semua jenis handphone. Akan lebih mobile dan praktis, bukan?

Dan yang terakhir, jika Anda merasa dengan membuka di Facebook di kantor membuat Anda lebih santai, tidak melulu tegang, mungkin Anda bisa mempertimbangkan beberapa cara lain yang bisa membuat Anda tetap semangat di tempat kerja, tanpa harus mengorbankan waktu kerja untuk ber Facebook ria.

Apakah Anda bisa berbagi tips lain agar bisa tetap mengakses Facebook di kantor yang memblokir situs ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda