Scroll to Top

Apple Menjiplak Desain Jam Asal Swiss?

By Ditya / Published on Friday, 21 Sep 2012

Jam Apple Swiss

Apple baru saja meluncurkan sistem operasi mobile terbarunya iOS 6 pada haru Rabu lalu (19/09/2012), namun masalah kini muncul dari tampilan jam pada iOS 6. Apple disinyalir menjiplak desain jam asal Swiss.

Sistem operasi mobile terbaru iOS 6 besutan Apple yang membawa berbagai macam pembaruan termasuk tampilan jam. Sebuah laporan dari surat kabar Swiss Tages Anzeiger melalui MacRumors mengatakan bahwa layanan kereta api federal Swiss atau SBB menuduh Apple menjiplak desain jam miliknya.

Jam tersebut didesain oleh karyawan SBB bernama Hans Hilfiker yang kemudian digunakan menjadi jam stasiun dan menjadi standar waktu seluruh sistem kereta api Swiss. Jam tersebut juga mendapatkan lisensi dari sebuah merk jam ternama Swiss, Mondaine.

Huru bicara SBB mengatakan pada surat kabar Tages Anzeiger mengatakan bahwa ia tidak senang karena desain jam tersebut digunakan Apple, namun perusahaan tersebut tidak memiliki wewenang untuk melakukan tindakan hukum. Menurut laporan, surat keluhan hukum saat ini sedang disusun untuk menanggapi kasus desain jam tersebut.

Apple sendiri memiliki image sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi hak cipta baik berupa hak cipta desain maupun hak cipta intelektual, namun kali ini Apple tampaknya mendapat masalah untuk desain jam di iOS 6 miliknya.

Perusahaan berlogo buah apel ini pernah bermasalah dengan desain jam pada tahun 2009. Saat itu Apple mengirim surat penolakan karena pada Tapbots yang merupakan pengembang aplikasi Tweetbot karena ikon yang digunakan pada aplikasi Converter sangat mirip dengan kon jam pada iOS milik Apple.

Hasilnya sudah dapat ditebak, Tapbots mengubah desain jam miliknya agar tidak lagi mirip dengan desain jam apada iOS Apple. Lalu bagaimana sikap Apple menanggapi masalah desain jam asal Swiss ini?

Seperti yang dilansir dari CNET (20/09/2012), belum ada tanggapan atau komentar resmi dari Apple mengenai masalah desain jam yang disinyalir menjiplak jam asal Swiss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda