Scroll to Top

Intel Atom S, Prosesor Hemat Energi Untuk Kelas Mikro Server

By Ditya / Published on Friday, 21 Sep 2012

Atom Valleyview

Sejak awal lahirnya generasi prosesor hemat energi seri Atom, Intel telah merencanakan akan merambah pasar mikro server. Kini melalui prosesor Atom S, Intel memperkenalkan sebuah prosesor hemat energi dan stabil untuk pasar mikro server.

Jajaran produk prosesor Atom adalah jajaran prosesor hemat energi besutan Intel yang sebelumnya telah terkenal di platform notebook mini atau netbook. Intel kemudian memperluas pengembangan platform Atom dan kini mulai merambah pasar smartphone dan mikro server.

Intel telah menyapkan prosesor Atom yang didesain khusus untuk pasar mikro server melalui prosesor Atom S yang menggunakan kode nama Centerton. Pada awal kehadirannya, Intel menyediakan 3 varian Atom S, yakni S1220, S1240 dan S1260.

Atom S ini hadir dalam bentuk dual-die yang menggunakan arsitekture core Saltwell dual-core dengan kecepatan antara 1,6 hingga 2GHz serta dilengkapi dengan teknologi hyper-threading.

Intel Atom S1220 adalah varian paling rendah dengan kecepatan 1,6GHz dual-core dengan konsumsi daya hanya 8,1W saja. Sedangkan Atom S1240 memiliki spesifikasi sama dengan Atom S220 dengan konsumsi daya lebih kecil, yaitu 6,1W.

Seri tertinggi dari jajaran Atom Centerton ini adalah Atom S1260 yang berjalan dengan kecepatan 2GHz dual-core serta konsumsi daya hanya 8,5W. Ketiga varian Atom S ini dibekali L2 cache sebesar 1MB.

Mikro server yang ditenagai oleh Atom S ini memang didesain untuk memenuhi kebutuhan server yang ringan, bukan untuk menjalankan aplikasi berat dan virtualisasi server yang biasanya ditangani oleh Intel Xeon.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (20/09/2012), mikro server yang ditenagai oleh prosesor Atom S dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ringan seperti analisis data, aplikasi jaringan serta penyimpanan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda