Scroll to Top

Facebook Hapus 5 Juta Akun Pengguna Dibawah Usia 13 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Friday, 21 Sep 2012

Facebook Anak

Dengan dalih sesuai aturan kebijakan mereka, Facebook telah menghapus 5 juta akun pengguna dibawah usia 13 tahun. Hal ini cukup aneh, mengingat pada bulan Juni lalu mereka justru mengincar pengguna di rentang usia yang sama.

Secara total, Facebook telah menghapus 5,6 juta akun pengguna terdaftar yang berusia di bawah 13 tahun. Menurut Children’s Online Privacy Protection Act (Coppa), situs jejaring sosial memang tidak diizinkan menerima ‘pendaftar’ di rentang usia tersebut.

Dikutip dari HuffingtonPost, Jumat (21/09/12), langkah ini ditempuh sebagai tindakan preventif guna menghindari kekerasan di lingkungan anak-anak. Aturan ini bertujuan untuk meminimalisir pelaku kejahatan yang mengincar informasi dan data (korban) dari pengguna anak-anak.

Bulan Juni lalu Facebook akan sedang mengembangkan sebuah teknologi khusus – sejenis parental control – yang mana dengan teknologi ini anak dibawah usia 13 tahun bisa bergabung dengan jejaring sosial tersebut. Situs Mashable kala itu menulis jika tujuan Facebook kala itu hanyalah untuk iklan.

Sedangkan langkah penghapusan jutaan akun ini mulai ditempuh ketika FTC (Federal Trade Commision) Amerika Serikat menegaskan agar perusahaan internet tidak lagi dan berhenti untuk menincar anak-anak sebagai konsumen. Dan sejatinya Facebook juga tidak tinggal diam dengan aturan FTC.

Consumer Repots pada Juni lalu melaporkan jika Facebook lewat proses penyaringan berjenjang memang telah menghapus tak kurang 800 ribu akun pengguna di rentang usia yang sama. Namun dengan proses pendaftaran yang mudah, tentu saja aturan ini tetap bisa dilewati.

Rata-rata pengguna Facebook yang berusia dibawah 13 tahun mendaftar dengan bantuan orangtua. Dengan demikian pendekatan yang bersifat edukasi pada orangtua lebih diutamakan daripada terus menghapus jutaan akun yang terindikasi dimiliki pengguna yang tidak sesuai dengan aturan (usia) Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda