Scroll to Top

PSSI Terima Surat Resmi AFC Terkait Hasil Rapat Joint Committee

By Aditya / Published on Saturday, 22 Sep 2012

AFC PSSI

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin telah menerima surat resmi dari AFC terkait hasil rapat kedua Joint Committee (JC) atau Komite Gabungan yang telah diselenggarakan di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 September 2012 kemarin.

Surat resmi dari badan sepakbola Asia itu ditandatangani oleh Sekjen AFC, Alex Soosay, dan ditujukan kepada Sekjen PSSI, Halim Mahfudz. Rapat kedua Joint Committee (JC) sendiri juga dihadiri oleh sejumlah utusan AFC, termasuk Alex Soosay, Tengku Abdullah, dan James Johnson.

Dalam suratnya, AFC menyatakan bahwa pihaknya mendukung hasil yang telah dirumuskan dalam rapat kedua Joint Committee (JC) kemarin dan berharap pihak-pihak terkait dapat segera melaksanakan amanat yang telah disepakati.

Selain itu, AFC akan melaporkan hasil rapat kedua Joint Committee (JC) kepada FIFA sebagai induk sepakbola dunia. Rencananya, AFC akan membawa hasil rapat kemarin pada pertemuan Komite Asosiasi FIFA yang bakal digelar pada 24 September nanti.

Masih dalam surat resminya kepada PSSI, AFC juga merinci 5 (lima) poin hasil kesepakatan antara PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti yang telah dirumuskan dalam rapat kedua JC kemarin. Kelima poin tersebut, seperti dituliskan AFC, antara lain:

  • Kompetisi ISL dan IPL akan tetap berjalan musim depan namun keduanya dikelola PSSI. AFC setuju bahwa pada 2014, dua kompetisi itu akan disatukan. Selain itu, AFC juga berharap agar ISL dan IPL berganti nama untuk musim depan (2013).
  • AFC meminta kepada PSSI dan KPSI agar masing-masing mengirimkan dua orang utusannya untuk terlibat dalam badan pekerja yang akan merumuskan rencana revisi Statuta PSSI serta membahas tentang status keanggotaan untuk menjadi dasar peserta Kongres PSSI yang akan digelar sebelum akhir tahun 2012.
  • AFC juga mendukung dipulihkannya jabatan empat anggota Exco PSSI yang dipecat dari kepengurusan Djohar Arifin Husin, yakni La Nyalla Mattalitti, Tonny Apriliani, Erwin Dwi Budiman, dan Roberto Rouw. Untuk itu, AFC meminta Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, untuk segera bertindak mengenai masalah ini.
  • AFC menyetujui pelaksanaan Kongres PSSI dilakukan sebelum tahun 2012 berakhir. Namun, agenda kongres PSSI tersebut akan disahkan dulu oleh AFC bersama FIFA.
  • Terakhir, AFC menegaskan bahwa Timnas Indonesia hanya ada satu dan PSSI ditunjuk sebagai pihak untuk mengelola timnas. Adapun peran Joint Committee (JC) hanya untuk melakukan mediasi dan harmonisasi terkait dengan pemanggilan pemain dari klub-klub, baik IPL maupun ISL, ke timnas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda