Scroll to Top

PSSI: Todung Mulya Lubis Susun Prosedur Pengembalian 4 Anggota Exco

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 23 Sep 2012

Djohar Arifin & La Nyalla

Setelah PSSI dan KPSI melalui Joint Committee (JC) melahirkan beberapa keputusan di rapat keduanya, kini giliran hasil rapat tersebut coba untuk diimplementasikan.

Salah satu keputusan dalam rapat tersebut yang tidak kalah penting adalah pengembalian 4 anggota Exco yang sempat dipecat PSSI.

Meski Todung Mulya Lubis beranggapan bahwa proses pengembalian 4 anggota Exco PSSI tidaklah mudah, namun dirinya akan berusaha semaksimal mungkin mencari alternatif langkah-langkah yang bisa ditempuh.

“Semua pihak baik PSSI ataupun KPSI harus menghormati keputusan yang telah dibuat supaya Indonesia terhindar dari sanksi. Jika tidak segera tercapai kesepakatan, maka FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada Indonesia. Ini merupakan setback untuk sepakbola Indonesia yang prestasinya tidak maju-maju seperti sekarang” ungkap Todung seperti yang dilansir Bola.

Alhasil Todung berharap, agar sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Halim Mahfudz secepatnya merumuskan prosedur pengembalian 4 Exco serta melaporkannya kepada JC dan Satgas AFC.

Sekedar mengingat kebelakang, menurut Todung sebenarnya pemecatan empat Exco (La Nyalla Mahmud Matalitti, Erwin Dwi Budiawan, Roberto Rouw dan Toni Apriliani) saat itu sudahlah tepat.

Ketika itu PSSI Djohar Arifin Cs merujuk pada keputusan Komite Etik PSSI nomor 002/PTS/M-Ke-PSSI/12/2011 tertanggal 26 Desember 2011, karena keempat anggota tersebut dianggap telah melanggar statuta dan kode etik PSSI.

“La Nyalla, Erwin Dwi Budiawan, Roberto Rouw, Tony Aprilani dinilai melanggar statuta PSSI pasal 36 dan 42. Selain itu, melanggar kode etik fair play PSSI Pasal 6, 9, 12 dan 18. Dasar pemecatan adalah statuta PSSI, Kode Etik Fair Play PSSI, Statuta FIFA. Kode Etik FIFA Surat Keputusan (SK) KONI tentang pengangkatan pengurus PSSI” tutup Todung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda