Scroll to Top

Liga Inggris: Menanti Kedewasaan Fans Liverpool dan Manchester United

By Wan Faizal / Published on Sunday, 23 Sep 2012

Hillsborough

Pertandingan antara Liverpool vs Manchester United nanti malam tak hanya soal tiga poin ataupun perihal Luis Suarez dan Patrice Evra. Lebih jauh, di pertandingan nanti akan dinanti kedewasaan fans kedua kubu yang selama ini saling ejek terkait tragedi yang menimpa lawan.

Perseteruan sengit antara kedua tim di lapangan juga merambah ke tribun dimana fans Liverpool dan United terlibat saling ejek mengenai hal-hal yang harusnya tak pantas untuk dijadikan bahan olokan.

Fans Setan Merah selama ini ditengarai sering menyanyikan lagu-lagu mengenai Tragedi Hillsborough yang menewaskan nyawa 96 Liverpuldlian pada 1989.

Sementara itu kubu The Kop juga tak mau kalah. Mereka juga diyakini sering mendendangkan lagu-lagu yang berkaitan dengan Tragedi Muenchen 1958 yang merenggut nyawa banyak pemain United.

Saling ejek tersebut tentu harus segera diakhiri. Beberapa pihak meyakini bahwa momen yang tepat untuk mengakhiri ejekan yang tidak pantas tersebut adalah pada pertandingan malam nanti.

“Sepakbola memang penting, tapi tak pernah lebih penting dari kehidupan. Fans di Inggris pernah mengalami banyak tragedi, termasuk diantara kedua klub ini,” ujar kapten United, Nemanja Vidic.

“Kami punya cerita yang sama, dan tragedi yang sama. Saya pikir kami harus menghormati satu sama lain, karena kami adalah dua klub besar yang dihormati di dunia.”

Pernyataan lebih tegas dikeluarkan skipper Liverpool, Steven Gerrard. Ia meminta kedua fans untuk menghentikan nyanyian tak pantas itu mulai malam nanti demi menghormati para korban.

“Saya berharap nyanyian yang tidak sopan itu dihentikan. Ini adalah kesempatan besar bagi kedua fans untuk menghentikan nyanyian itu,” tutur Gerrard yang kehilangan sepupunya, Jon-Paul Gilhooley, karena Tragedi Hillsborough.

“Saya, Vidic, Alex Ferguson, dan Brendan Rodgers telah membicarakan hal ini dan kami pikir ini adalah waktu yang sangat tepat untuk menghentikan ulah mereka. Saya sampaikan ini sekali lagi, tidak hanya pada fans United, tapi juga fans Liverpool.”

96

Sementara itu legenda Liverpool, Robbie Fowler, mengeluarkan ide menarik terkait perselisihan antara kedua tim. Ia meminta Luis Suarez dan Patrice Evra yang selama ini berseteru untuk memimpin aksi damai tersebut.

“Akan sangat menyenangkan bisa melihat Luis memberi bunga ke tribun tempat fans Manchester United, dan Patrice melakukan hal yang sama ke tribun tempat fans Liverpool. Kedua klub memang adalah rival, tapi ada beberapa hal yang jauh lebih penting dari sepakbola,” ucap Fowler.

Sebelum pertandingan nanti dimulai, rencananya Gerrard dan Vidic akan bersama-sama melepas 96 balon berwarna merah untuk mengenang para korban tragedi.

Football is important, but it is never more important than life.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda