Scroll to Top

Hacker Mengaku Telah Berhasil Melakukan Jailbreak iPhone 5

By Ditya / Published on Sunday, 23 Sep 2012

Jailbreak

Pengguna sistem operasi Apple iOS tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah jailbreak. Baru-baru ini hacker mengklaim telah berhasil melakukan jailbreak pada ponsel iPhone 5 yang telah menggunakan iOS 6.

Jailbreak atau aktifitas jailbreaking adalah aktifitas hacking yang dilakukan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Apple iOS agar dapat menginstall aplikasi diluar Apple App Store. Hadirnya Cydia ini biasanya menjadi tanda bahwa perangkat iOS telah di-jailbreak.

Hacking semacam jailbreak sendiri juga ada di platform Android dengan istilah root atau mendapatkan akses sistem sebagai root agar dapat menginstall aplikasi yang memerlukan akses sebagai root.

Jailbreak iPhone 5

Munculnya kabar mengenai sukesnya hacker melakukan jailbreak terhadap Apple iPhone 5 yang menggunakan iOS 6 ini begitu cepat, bahkan kurang dari 24 jam setelah iPhone 5 mulai dijual.

Sebuah screenshot yang berasal dari iPhone 5 telah diposting di Twitter melalui sesorang bernama paulus dengan akun @chpwn. Screenshot yang didalamnya telah terdapat Cydia ini masih diperdebatkan kebenarannya. Hal yang paling membuat ragu adalah begitu cepatnya menemukan metode jailbreak untuk iPhone 5, yaitu kurang 24 jam setelah iPhone 5 mulai dijual.

Metode jailbreaking sendiri berbeda-beda tergantung seri iPhone yang digunakan. Hal ini disebabkan perbedaan standar perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda yang telah ditetapkan oleh Apple.

Tren jailbreak sendiri sekarang sudah semakin populer dan semakin umum dan setiap Apple merilis iPhone baru, hacker selalu saja mencari metode baru untuk melakukan jailbreak terhadap produk iPhone baru tersebut.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (22/09/2012), screenshot jailbreak yang diunggah oleh Paulus atau @chpwn ini memang masih diperdebatkan kebenarannya mengingat bisa saja gambar tersebut hasil rekayasa, namun beberapa pihak meyakini kebenaran jailbreak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda