Scroll to Top

Activity Log Facebook Dimutakhirkan, Inilah yang Harus Dilakukan Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 23 Sep 2012

facebook Facial Recognition

Facebook telah memutakhirkan activity log-nya dengan kemampuan menyimpan hasil penelusuran. Dengan demikian, activity log tak akan lagi berisi aktivitas komentar, suka, tag, check-in, dan lain lainnya. Lantas apa yang harus dilakukan Facebooker dengan pemutakhiran ini?

Activity log terbaru Facebook ini mengingatkan kita akan masa jayanya Friendster. Kala masih menjadi primadona, Friendster memunculkan informasi tersebut dan terbuka informasinya untuk pengguna lain. Dan fitur ini justru disukai pengguna dan sangat ngetren kala itu.

Facebook saat ini juga menampilkan hal yang serupa. Namun tidak terbuka untuk umum, hanya pengguna yang bersangkutan yang mengetahuinya. Misalkan saja pengguna menelusuri dan melihat ‘pengguna A’ di Facebook. Nantinya di activity log, aktivitas ini akan muncul.

Lantas apa yang harus dilakukan pengguna dengan pemutakhiran activity log Facebook ini? Sangat sederhana, pengguna bisa menerapkan tips sederhana berikut.

Pertama, activity log sejatinya tidak ‘berbahaya’ asalkan Facebook pengguna tak ‘jatuh’ ke tangan yang salah. Pengguna akan ‘diingatkan’ Facebook siapa saja yang pernah mereka cari atau kunjungi profilnya.

Maka dari itu perkuat kembali kata sandi Facebook Anda. Pilih password yang rumit dan tak gampang ditebak. Tujuannya jelas, agar tak mudah dijebol pengguna.

Kedua, untuk menjaga hal yang tidak diinginkan (Facebook jatuh ke tangan orang lain), editlah secara teratur activity log yang dianggap memiliki resiko. Misalkan saja Anda takut Facebook yang dimiliki dibuka oleh pasangan (pacar atau istri), setelah mencari (membuka) profil mantan.

Maka editlah activity log sebelum pasangan Anda membaca aktivitas penelusuran tersebut. Bisa berabe bukan jika mereka mengetahui aktivitas terbaru ini? Pemutakhiran activity log sendiri akan diterapkan secara bertahap bagi pengguna di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda