Scroll to Top

iPhone 5: Prosesor Apple A6 Dual-Core 1,2GHz, Grafis Triple-Core

By Ditya / Published on Sunday, 23 Sep 2012

Apple A6

Akhirnya misteri mengenai prosesor Apple A6 yang digunakan pada ponsel terbaru Apple, iPhone 5, sedikit-demi sedikit mulai terungkap. Apple A6 terdiri dari prosesor dengan kecepatan 1,2GHz dual-core dengan dibekali grafis triple-core dari PowerVR SGX543MP3.

Spesifikasi prosesor Apple A6 memang menjadi misteri sejak awal kehadiran iPhone 5. Apple hanya mengatakan bahwa prosesor A6 ini 2 kali lebih cepat dibanding Apple A5 yang digunakan pada iPhone 4S tanpa menyebutkan detail spesifikasi prosesor tersebut.

Awalnya banyak yang mengira bahwa prosesor Apple A6 ini menggunakan basis arsitektur ARM Cortex-A15, karena kinerja prosesor ini mampu mengungguli A5 dengan begitu signifikan dengan konsumsi daya yang efisien.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (21/09/2012), prosesor Apple A6 ini ternyata masih menggunakan arsitektur ARM v7 yang telah dikustomisasi oleh Apple. Apple telah mendesain sedimikian rupa agar arsitektur prosesor Apple A6 lebih optimal dan efisien.

Prosesor Apple A6 merupakan prosesor berinti ganda atau dual-core dengan kecepatan 800Mhz hingga 1,2GHz, tergarntung beban kinerja yang diberikan pada prosesor tersebut.

bench

bench2

Anandtech juga mengungkapkan bahwa Apple A6 juga mengusung grafis baru, yaitu grafis triple-core yang berjalan dengan kecepatan 266MHz dari PowerVR SGX543MP3. Penggunaan grafis triple-core ini membuat kinerja grafis Apple A6 melonjak mendekati kinerja prosesor Apple A5X yang menggunakan grafis quad-core PowerVR SGX543MP4.

Spesifikasi prosesor Apple A6 ini memang istimewa, jelas saja performanya mengalahkan prosesor Apple A5 dan juga beberapa pesaingnya seperti Nvidia Tegra 3, Qualcomm Snapdragon S4 dual-core dan Samsung Exynos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda