Scroll to Top

iPhone 5: Kamera 8 Megapiksel Gunakan Sensor Sony

By Ditya / Published on Monday, 24 Sep 2012

Sensor Sony iPhone 5

Setelah iPhone 5 dibongkar, hampir seluruh komponen penyusun ponsel fenomenal besutan Apple ini diketahui siapa suppliernya. Baru-baru ini diketahui bahwa sensor kamera 8 megapiksel yang terdapat pada iPhone 5 menggunakan sensor dari Sony.

Beberapa waktu lalu iFixit telah membongkar iPhone 5 dan menyatakan bahwa ponsel iPhone 5 adalah ponsel Apple yang paling mudah diperbaiki. Tak hanya itu, melalui pembongkaran tersebut terlihat beberapa komponen penyusun iPhone 5.

Hasil penelusuran iFixit, Apple menggunakan chip memori dari Elpida, sebelumnya Apple menggunakan chip memori dari Samsung. iPhone 5 juga menggunakan chip Qualcomm MDM9615M untuk dukungan teknologi LTE.

Anandtech melakukan analisa mengani prosesor iPhone 5 yang ternyata menggunakan prosesor Apple A6 dual-core dengan kecepatan 1,2 GHz dan dilengkapi grafis triple-core dari PowerVR SGX543MP3 yang berjalan dengan kecepatan 266MHz.

Seperti yang kita tahu, prosesor Apple A6 adalah prosesor yang didesain oleh Apple dan diproduksi oleh Samsung. iPhone 5 juga menggunakan layar yang kabarnya diproduksi oleh Sharp, LG dan Samsung yang berukuran 4 inci.

Setelah hampir semua komponen diketahui, kini muncul kabar bahwa sensor kamera 8 megapiksel pada iPhone 5 dibuat oleh Sony. Hasil penelusuran yang dilakukan oleh ChipWorks menunjukan bahwa sensor kamera iPhone 5 adalah buatan Sony.

Sony sendiri adalah sebuah brand yang cukup berpengalaman di dunia fotografi, bahkan sensor beberapa merk kamera digital juga dibuat oleh Sony. Mantan CEO Sony, Howard Stringer awal tahun lalu telah mengungkapkan bahwa Sony telah memasok sensor kamera untuk Apple.

Seperti yang dilansir dari CNET (23/09/2012), iPhone 5 memang diketahui memiliki 2 kamera, yang satu menghadap kedepan untuk keperluan video chat melalui Skype atau Facetime menggunakan sensor Omnivision, sedangkan kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel menggunakan sensor Sony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda