Iran Blok Google dan Berencana Buat Internet Sendiri?

Internet Iran

Iran dikabarkan akan membangun jaringen internet sendiri yaitu domestic internet network. Tak hanya itu, negeri dengan mayoritas Syi’ah ini juga memblokir raksasa mesin pencari Google, belum jelas apakah kedua langkah yang diambil Iran ini saling berhubungan atau tidak.

Seorang wakil menteri dari pemerintah telah mengumumkan bahwa Iran akan menggunakan domestic internet network dalam rangka meningkatkan kemanan dan mengurangi dampak negatif seranga malware yang akhir-akhir ini ditujukan pada Iran.

Wakil menteri tersebut juga mengumumkan bahwa seluruh jaringan di kantor-kantor dan instansi pemerintah akan terhubung dengan jaringan internet dalam negeri yang disebut dengan National Information Network. Setelah memindahkan instansi pemerintah dan kantor-kantor selesai, Iran akan mendorong warganya untuk menggunakan internet dalam negeri.

Sebuah televisi pemerintah Iran juga mengumumkan bahwa akses ke mesin pencari Google dan Gmail akan diblokir. Layanan Google dan Gmail akan disaring diseluruh negeri sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Meski kedua langkah ini dikabarkan tak memiliki hubungan antara satu sama lain, namun kantor berita mahasiswa Iran mengungkapkan bahwa Google dan Gmail diblokir karena berkaitan dengan film anti-islam yang diposting di YouTube yang notabene adalah milik Google.

Iran kini semakin mirip China yang sering melakukan pemblokiran dan sensor terkait konten dan situs di internet. Pengguna internet di Iran juga sudah terbiasa dengan hal tersebut dan mereka tidak kehabisan akal untuk mengatasi hal tersebut.

Seperti yang dilansir dari CNET (23/09/2012), banyak pengguna internet Iran yang memanfaatkan proxy atau Virtual Private Network untuk menghindara upaya pemerintah untuk memblokir beberapa situs sepsrti Facebook, Twitter dan Google.

Komentar Anda

Leave A Response