Scroll to Top

FB Menonaktifkan Fitur Facial Recognation

By Ibnu Azis / Published on Monday, 24 Sep 2012

Facebook

Di Eropa, fitur pengenalan wajah atau facial recognation telah dinonaktifkan oleh Facebook. Jejaring sosial semiliar umat ini harus mematikannya sebagai tindak lanjut regulator terkait masalah privasi. Dengan demikian pengguna FB di wilayah ini tak lagi mendapati fitur unggulan tersebut.

Dengan dalih privasi, DPC atau Data Protection Commissioner Irlandia menilai jika fitur Facebook ini akan mengancam data diri pengguna. Sebab wajah serta nama pengguna dapat dikenali dan diketemukan dengan mudah ketika aktivitas penandaan foto (tag).

Gayung pun bersambut. Facebook mengamini tuntutan DPC. Data Protection Commissioner melalui Billy Hawkes mengaku puas dengan sikap positif Facebook yang bersedia menghapus fitur tersebut untuk wilayah Eropa.

“Kami puas, hasil peninjauan yang telah dilakukan menunjukkan akan sikap tanggung jawab serta perlindungan terhadap privasi mereka,” ujarnya seperti dikutip dari StraitsTimes, Senin (24/09/12).

Fitur pengenalan wajah sendiri akan secara resmi ditiadakan bagi pengguna Facebook di wilayah Eropa pada 18 Oktober mendatang. Namun facebooker di wilayah tersebut tak bisa mengakses layanan ini sejak sekarang.

“Kami setuju untuk mengilangkan fitur ini, berdasarkan hasil diskusi dengan regulator Irlandia, fitur tersebut telah ditiadakan,” ujar pihak Facebook.

Facebook sendiri beberapa waktu lalu telah memutakhirkan log aktivitas yang memungkinkan menyimpan aktivitas penelusuran pengguna. Jika facebooker tak berhati-hati dalam mengelola fitur baru ini, kerawanan privasi pengguna juga bakal terancam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda