Scroll to Top

Koprol Akan Bangkit Kembali?

By Ditya / Published on Monday, 24 Sep 2012

New Koprol

Layanan Koprol dikabarkan akan segera bangkit setelah dilepas oleh Yahoo pada tanggal 28 Agustus 2012 lalu. Jejaring sosial berbasis lokasi besutan anak bangsa ini dikabarkan akan segera bangkit dan tetap mengusung bendera Koprol.

Jejaring sosial berbasis lokasi seperti Koprol dan Foursqare memang disukai oleh banyak pengguna, bahkan Facebook pun telah menawarkan fitur serupa. Koprol sendiri adalah jejaring sosial buatan anak bangsa yang didirikan oleh Fajar Budiprasetyo, Satya Witoelar dan Daniel Armanto.

Kehadiran Koprol sendiri berawal proyek iseng web 2.0 yang dikembangkan oleh ketiga pendiri Koprol. Meski hanya proyek iseng, ternyata perkembangan Koprol sangat mengejutkan, mampu merangkul 80.000 anggota dan akhirnya tahun 2009 Koprol resmi diluncurkan oleh PT. SkyEight Indonesia.

Koprol mengusung konsep yang berbeda dari jejaring sosial biasa atau jejaring sosial berbasis lokasi lainnya. Koprol mengusung konsep microblogging Twitter dan dipadu dengan sistem komentar seperti pada Plurk dan menggunakan basis lokasi seperti pada Foursquare. Konsepnya yang unik ini menarik banyak pengguna untuk bergabung dengan Koprol.

Kehebatan Koprol ternyata menarik perhatian raksasa internet, Yahoo. Yahoo akhirnya mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai akuisisi yang dirahasiakan.

Akuisisi Yahoo terhadap jejaring sosial berbasis lokasi Koprol ini juga termasuk 11 karyawan dan seluruh aset teknologi yang dimiliki oleh Koprol. Yahoo sendiri mengakui bahwa Koprol ini lebih baik ketimbang layanan serupa seperti Foursquare.

Tanggal 28 Agustus 2012, Yahoo memutuskan untuk melepas Koprol, karena layanan ini dianggap tidak memberikan keuntungan yang berarti terhadap Yahoo. Setelah layanan Koprol ditutup Yahoo, kini Koprol dikabarkan akan segera bangkit dan menawarkan layanan yang lebih inovatif.

Hal ini diperkuat dari tampilan web Koprol yang menyatakan bahwa layanan Koprol saat ini sedang dikembangkan lagi. Siapa saja diberi kesempatan untuk menjadi tester dengan cara mengikuti panduan yang terdapat pada web Koprol, Anda tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda