Scroll to Top

Apa Sih Manfaat Merica?

By C Novita / Published on Monday, 24 Sep 2012

manfaat merica

Merica adalah salah satu bumbu dapur yang menjadi favorit para ibu rumah tangga. Rasanya yang pedas segar itu kerap membuat makanan terasa begitu menggugah selera.Biasanya merica digunakan dalam masakan ayam goreng, sayur sop, dan banyak lainnya.

Bumbu berbentuk butiran kecil ini selain untuk bumbu masakan, bahkan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi beberapa penyakit.

Ya, selain melezatkan makanan, merica juga memiliki manfaat untuk penyembuhan penyakit ringan seperti sakit kepala. Sebuah senyawa bernama kavisin lah yang menjadi pereda gejala sakit kepala.

Senyawa ini akan meredam aktivitas otak yang bertugas menerima sinyal dari sisten syaraf, bahwa kepala sedang sakit. Hasilnya rasa sakit kepala akan mereda jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung merica.

Merica juga dapat dipakai untuk membangkitkan libido alias makanan afrodisiak.

Adalah senyawa boron pada merica yang merangsang keluarnya hormon androgen dan estrogen, yaitu hormon yang menjadi pembangkit libido.

Selain kedua hal tersebut, merica juga mampu mengurangi bau badan, panas dalam, tulang keropos, asma, hernia, dan lain-lain.

Untuk menghilangkan sakit kepala, maka cukup sediakan merica 1 sendok teh, cengkeh 3 butir, pala, dan kayu manis secukupnya.

Kemudian haluskan seluruhnya, dan seduh dengan air panas. Minum saat sakit kepala melanda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda