Scroll to Top

F1 2012: Lewis Hamilton Ceritakan Kronologi Kerusakan Gearbox

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 25 Sep 2012

Hamilton gearbox failure GP Singapura 2012

Kerusakan gearbox yang diderita Lewis Hamilton dalam lanjutan seri Formula Satu musim 2012 menjadi pukulan telak bagi dirinya yang sampai saat ini masih optimis mengejar ketertinggalan angka dari pimpinan klasemen Fernando Alonso.

Hamilton yang sedang memimpin jalannya lomba di Sirkuit Marina Bay Singapura harus mengubur mimpinya untuk menjadi juara seri tersebut setelah mobilnya secara tiba-tiba melambat di tikungan pertama usai melintasi trek lurus.

Hamilton yang diberitahu oleh timnya melalui radio bahwa telah terjadi kerusakan gearbox terpaksa menepikan mobilnya dan tidak kembali melanjutkan lomba. Dalam wawancaranya dengan Skysports Hamilton menjelaskan bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

“Kami memiliki ini pada mobil kami dimana ketika anda berpindah gigi, pepindahannya terasa halus”, terang Hamilton.

“Tiba-tiba saya kehilangan itu dan perpindahan berubah menjadi sedikit agresif. kemudian saya kehilangan gigi ketiga dan seluruh gigi rusak, jadi jelas ini adalah kerusakan gearbox.”

Hamilton gearbox failure GP Singapura 2012 (1)Isu yang berkembang di media menyebutkan bahwa kerusakan gearbox yang dialami Hamilton adalah dampak dari insiden kecelakaan yang ia alami pada sesi Q3 kualifikasi GP Singapura. Akan tetapi, Martin Whitmarsh membantah hal tersebut.

“Seperti yang anda mungkin ketahui, Lewis menabrak didinding di kualifikasi, tetapi saya rasa itu sangat ringan. Saya rasa itu bukan sesuatu yang datang dari insiden tersebut”, jelas Whitmarsh.

Lebih jauh, Whitmarsh menganggap ada kegagalan material friksi. “Kemungkinan kegagalan material friksi, kami tidak tahu, kami harus mencari tahu kembali ketika kami kembali ke garasi.”

Hamilton gearbox failure GP Singapura 2012 (2)Hamilton mengaku kecewa,  akan tetapi ia menyadari bahwa itu adalah bagian dari kompetisi. Sisi positifnya ia mengetahui bahwa Mclaren memiliki kecepatan dan ia akan berusaha memenangkan lomba tersisa.

Akibat dari insiden tersebut, posisi Hamilton di klasemen pembalap merosot ke posisi empat tertinggal 52 angka dari Fernando Alonso. Sementara Sebastian Vettel melalui kemenangan di GP Singapura naik ke posisi dua mendekatkan jarak menjadi 29 angka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda