Scroll to Top

Cinta Terlarang Batman dan Robin: Film Percintaan Sesama Jenis Dua Orang Santri Menuai Protes

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 25 Sep 2012

Amir dan Bambang

Film Cinta Terlarang Batman dan Robin menuai protes dari berbagai kalangan. Film ini mengangkat tema percintaan sesama jenis yang melibatkan dua orang santri. Film dengan karakter utama Amir dan Bambang ini berasal dari buku kumpulan puisi “Atas Nama Cinta” karya Denny JA.

Film Cinta Terlarang berkisah tentang Amir yang membuka pengakuan tentang masa lalunya yang kelam di pesantren. Ia jatuh cinta bukan pada lawan jenis, tetapi pada Bambang. Judul Batman dan Robin sendiri diambil dari sikap kedua tokoh utama dalam menghadapi kenyataan bahwa mereka adalah penyuka sesama jenis.

Bambang hidup bagaikan Batman, yang senantiasa kukuh memegang keyakinannya. Ia jagoan yang tegar menghadapi hidup. Sementara itu, Amir, hidup dalam topeng kelam. Ia adalah Robin yang peragu dan berpendirian labil. Ia memilih untuk melarikan diri dengan menikahi perempuan, menyalahi kata hatinya. Penyesalan terus menggerus hati Amir.

Film Cinta Terlarang Batman dan Robin pun langsung menuai protes. Di facebook, muncul gerakan untuk memboikot keberadaan film ini. Menurut gerakan tersebut, film ini terkategorikan menghina Islam.

Pertama, pengambilan tema tentang homoseksual tidak sesuai dengan syariat Islam yang melarang hubungan sesama jenis. Kedua, masalah pesantren sebagai latar belakang film ini. Kisah jatuh cinta sesama jenis di pesantren dalam film Batman dan Robin, kontras dengan kenyataan bahwa di pesantren seorang muslim belajar mengenal Islam dan berakhlak mulia.

Gerakan di facebook tersebut menuntut pembatalan penayangan film Cinta Terlarang Batman dan Robin karena berpotensi menimbulkan keresahan umat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda