Scroll to Top

Sang Penari Jadi Wakil Indonesia Di Penghargaan Oscar 2013

By Arya Azhar / Published on Tuesday, 25 Sep 2012

sang_penari

Seperti yang sudah menjadi tradisi tiap tahunnya, Penghargaan Academy Awards atau akrab disapa “Oscar” selain memberikan penghargaan terhadap film-film dari Amerika, juga memberikan sebuah nominasi khusus untuk film-film lain dari seluruh dunia untuk memperebutkan penghargaan “Film Berbahasa Asing Terbaik”.

Untuk Oscar tahun depan, Negara-negara di dunia sudah mengirimkan perwakilannya masing-masing termasuk Negara kita Indonesia yang diwakilkan oleh film “Sang Penari”.

Film yang dirilis di bioskop nasional pada bulan November tahun lalu ini dinilai sebagai film yang paling pantas mewakili Indonesia untuk penghargaan sebesar Oscar.

Terlebih lagi karena film garapan Ifa Isfansyah (Garuda Di Dadaku) ini, di tahun lalu juga telah meraih predikat film terbaik di Festival Film Indonesia 2011.

Sang Penari diangkat dari novel terkenal karya A.Tohari berjudul “Ronggeng Dukuh Paruk”. Film ini menceritakan tentang kisah cinta pemuda lugu dari Desa Dukuh Paruk bernama Rasus (Nyoman Oka Antara) yang jatuh cinta dengan  ronngeng dikampungnya, Srintil (Prisia Nasution).

Cinta mereka terhalang kenyataan karena Srintil ‘ditakdirkan’ sebagai seorang ronggeng yang sudah menjadi ‘milik masyarakat’. Rasus pun pergi mengembara dan menjadi seorang tentara, tapi cintanya kepada Srintil akhirnya membawanya kembali ke Dukuh Paruk dengan situasi yang sudah sangat berbeda.

Untuk memperebutkan nominasi 5 besar film berbahasa asing terbaik, “Sang Penari” harus bersaing ‘melawan’ hampir 50 negara lain dengan film-film yang diunggulkan seperti  Amour (Austria), Barfi! (India), The Intouchables (Perancis), Headshot (Thailand), dan juga Pieta dari Korea Selatan.

Jika ‘Sang Penari’ lolos seleksi ini dan meraih nominasi “film berbahasa Asing terbaik” maka film ini sekaligus mencatatakan sejarah sebagai film Indonesia pertama yang mampu mencapai prestasi tertinggi tersebut.

Selamat dan sukses untuk Sang Penari!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda