Scroll to Top

Real Madrid Tim Dengan Akurasi Gol Terburuk di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 25 Sep 2012

Real Madrid 2

Real Madrid masih berkutat di papan tengah Liga Spanyol (peringkat 7) memasuki pekan kelima La Liga. Dari 5 kali bermain, mereka baru meraih 2 kemenangan. Plus, hanya mencetak 7 gol. Faktor utama kegagalan Madrid di awal kompetisi adalah buruknya akurasi gol mereka. Pasukan Jose Mourinho menjadi salah satu yang terburuk. Cuma ada Osasuna dan Granada yang lebih rendah akurasi golnya daripada El Real. Selebihnya, 17 klub La Liga lebih unggul daripada sang juara bertahan.

Real Madrid tertahan. Lima kali bermain, 7 poin didapatkan. 7 gol dilesakkan, berbanding 5 kali kebobolan. Jumlah poin dan gol mereka begitu kontras dengan musim lalu. Ketika menjadi juara La Liga, Madrid tercatat mencetak 121 gol (rata-rata 3,18 gol per pertandingan) dan meraih 100 poin (2,63 poin per laga). Bandingkan dengan sekarang. Kubu Santiago Bernabeu memiliki rata-rata 1,4 gol/laga dan 1,4 poin per pertandingan pula.

Di mana letak kesalahan Real Madrid? Jawabannya adalah, jomplangnya perbandingan jumlah tembakan dan gol. Ya, Madrid memiliki barisan depan terbaik di dunia. Adanya Cristiano Ronaldo dan Gonzalo Higuain atau Karim Benzema, bisa membuat tim mana pun, termasuk Barcelona, iri.

Real Madrid 3

Namun, musim ini, lihatlah statistik. Madrid melepaskan 95 tembakan dalam 5 pertandingan. Lebih baik daripada 19 klub lain di Liga Spanyol. Artinya, di setiap laga Cristiano Ronaldo dkk. minimal melepaskan 18,2 tembakan. Namun, dari sejumlah itu, hanya 7 gol yang tercipta. Akurasi gol mereka cuma 7%. Cuma ada Osasuna (5%) dan Granada (3%) yang lebih buruk.

Selebihnya, 17 klub Liga Spanyol lebih unggul daripada sang juara bertahan. Termasuk Atletico Madrid yang akurasi golnya paling tinggi (18%) dan rival abadi Barcelona (17%). Bahkan Real Betis sementara lebih baik daripada pasukan Jose Mourinho dengan akurasi 16%.

Tidak hanya masalah akurasi gol. Tetapi juga jumlah tembakan ke gawang yang minimal. Madrid boleh saja menjadi yang terbanyak melepaskan tembakan. Namun, yang benar-benar tepat sasaran rata-rata hanya 6,8 tembakan per laga. Kontras dengan Barcelona (9,8 tembakan tepat sasaran/laga) dan Atletico (7,5 tembakan/laga).

Terakhir, yang tak boleh dilupakan, adalah faktor kesialan. Musim lalu, kegagalan Barcelona menjuarai La Liga adalah banyaknya tembakan mereka yang membentur tiang. Musim ini, Real Madrid yang terjangkit virus tersebut. Dalam lima pertandingan, lima kali pula tembakan para pemain Madrid tak bisa menghindari gawang. Ketajaman yang harus segera dipulihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda