Scroll to Top

Ballon d’Or 2012 Milik Siapa?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 25 Sep 2012

Lionel Messi Andres Iniesta Cristiano Ronaldo

FIFA akan segera mengumumkan 23 kandidat awal calon peraih Ballon d’Or pada 30 Oktober 2012 mendatang. Nama-nama pemain terbaik dunia dipastikan akan masuk dalam daftar tersebut. Yang menarik, siapakah yang akan memenangkan Ballon d’Or 2012? Apakah Lionel Messi? Atau ada kesempatan untuk Cristiano Ronaldo, Andres Iniesta, bahkan Iker Casillas?

Gawe besar FIFA untuk menentukan siapa pemain terbaik dunia tahun ini masih menemui jalan berliku. Mereka baru mengumumkan 23 kandidat peraih Ballon d’Or pada 30 Oktober 2012 waktu setempat.

Selang sebulan kemudian, tepatnya pada 29 November, FIFA akan memeras nama-nama ini hingga tinggal tiga yang tersisa. Di sinilah peran pelatih dan kapten tim nasional negara-negara anggota FIFA —juga para wartawan— dihidupkan. Vote dari merekalah yang menentukan siapa yang layak mendapatkan gelar pemain terbaik dunia.

Lionel MEssi

Layak ditunggu siapa yang akan memperoleh Ballon d’Or. Apakah Lionel Messi akan kembali menjadi yang terdepan? Jika ya, ini adalah Ballon d’Or keempat King Leo —tiga di antaranya resmi diberikan oleh FIFA—. Namun, dari segi pencapaian, Messi musim ini cuma mendapatkan Copa del Rey 2012 saja.

Masih ada nama Cristiano Ronaldo. Pria yang dibanding-bandingkan dengan Messi. Ronaldo berhasil memperoleh Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol 2012. Namun, jumlah golnya yang ‘cuma’ 60 kalah dari Messi yang 73 sepanjang musim 2011-2012.

Andres Iniesta juga berpeluang. Ia sudah meraih gelar Pemain Terbaik Eropa musim ini. Sesuatu yang mengejutkan di tengah himpitan King Leo dan CR7. Iniesta sukses memperoleh gelar Euro 2012.

Iker Casillas juga bisa dimasukkan dalam hitungan. Kapten Real Madrid adalah pilar utama timnas Spanyol menjadi yang terbaik di Polandia-Ukraina.

Pemenang Ballon d’Or 2012 sendiri baru diumumkan di Zurich pada Senin, 7 Januari 2013 waktu setempat. Nah, siapakah yang akan memperoleh gelar pemain terbaik dunia? Adakah jago Anda di antara empat pemain ini? Atau, ada pilihan lain? Sampaikan pendapat Anda dalam kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda