Scroll to Top

Liverpool: Steven Gerrard Bela Reputasi Luis Suarez

By Naqib Najah / Published on Tuesday, 25 Sep 2012

Kapten tim Liverpool, Steven Gerrard, menganggap wasit terlalu buruk menilai reputasi Luis Suarez. Mantan striker Ajax Amsterdam tersebut memang sering kepergok melakukan diving di kotak penalti lawan, namun menurut Gerrard, wasit semestinya memberikan penalti saat Suarez dijatuhkan oleh Johny Evans di Anfield kemarin hari.

Liverpool menyerah 1-2 saat menjamu Manchester United, Minggu (23/9/12). Dalam pertandingan itu, sempat terlihat Luis Suarez melayangkan protes kepada pengadil lapangan atas penjagaan agresif bek lawan terhadap dirinya. Puncaknya adalah saat Evans menjatuhkannya di kotak penalti ‘Setan Merah’.

Untuk hal ini, Gerrard berkomentar pedas, “Jika tidak penalti, jangan berikan dia penalti, namun jika jelas, berikan,” tutur Gerrard.

Gerrard mengalami krisis kepercayaan diri terhadap kinerja wasit Premier League. Untuk laga-laga berikutnya, ia menilai wasit tidak akan meniup peluitnya walau pun Suarez seratus persen dijatuhkan oleh lawan.

“Tergantung wasit untuk menilainya. Saya kira kalaupun Luis mendapat penalti yang sudah pasti (itu adalah pelanggaran), sekarang dia tidak akan mendapatkannya lagi,” tutur Gerrard.

Sepanjang Premier League musim 2011/2012 kemarin, Suarez memang mempunyai reputasi buruk. Tidak hanya karena aksi liciknya di lapangan hijau, namun juga tindakan rasisme yang membawa namanya dengan bek timnas Prancis, Patrice Evra. Roberto Martinez selaku manajer Wigan pernah menuding Suarez sebagai seniman yang pandai menciptakan trik terjadinya tendangan bebas.

Bek timnas Inggris yang sekaligus rekan setimnya, Glen Johnson, berkomentar sama dengan Gerrard. Ia berpendapat wasit tidak lagi melihat kejadian pelanggaran, namun lebih meninjau reputasi buruk Suarez.

“Para wasit harus melupakan siapa yang mereka lihat dan tidak membiarkan masa lalu mempengaruhi keputusan mereka,” kata Johnson.

Selanjutnya, Johnson berandai-andai apabila yang terjatuh di kotak penalti Liverpool adalah Suarez, bukan Valencia, maka wasit tidak akan meniup peluit pelanggaran.

“Saya yakin bahwa dalam situasi yang sama (ketika Valencia dijatuhkan Johnson) dengan aktor utama adalah Luis bukan Valencia, maka tidak akan penalti.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda