Scroll to Top

Mengapa Facebook Membeli Penerbit E-Book Push Pop Press?

By Aisyah Indarsari / Published on Monday, 08 Aug 2011

Hari selasa yang lalu (2/8), Facebook kembali melakukan suatu aktivitas investasi yang membuat kita bertanya-tanya tentang gebrakan terbaru apa yang akan diluncurkan oleh Facebook nantinya. Facebook mengakuisisi Push Pop Press, sebuah penerbit e-book yang mengkhususkan diri pada buku-buku interaktif untuk iPhone dan iPad, yang bahkan baru didirikan setahun yang lalu.

Apakah Facebook berencana membuat dan menjual buku di situs jejaring sosialnya, dan bersaing dengan Apple, Amazon atau Google? Sepertinya tidak. Karena seperti yang tertulis pada situs Push Pop Press ,disebutkan bahwa “Walaupun Facebook tidak berencana untuk mulai menerbitkan buku digital, ide dan teknologi dibalik Push Pop Press akan berintegrasi dengan Facebook, sehingga memberikan penggunanya cara yang lebih kaya untuk berbagi cerita dengan sesamanya.”

Meskipun begitu, banyak spekulasi yang berkembang tentang mengapa Facebook membeli sebuah penerbit e-book. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut, seperti yang dikutip dari Facebook Fan Central:

Distributor Entertainment

Selain fungsinya sebagai jejaring sosial, Facebook telah lama dikenal sebagai distributor entertainment juga. Tengok saja aplikasi game di Facebook yang diminati mayoritas penggunanya. Siapa yang tidak kenal Mafia Wars, Texas HoldEm Poker dan FarmVille,  tiga diantara 10 game terbaik di Facebook yang memiliki peminat paling banyak.

Sedangkan yang terbaru di awal tahun ini yaitu Facebook sedang mencoba untuk melakukan uji coba film streaming pada situsnya, dan bekerja sama dengan Warner Bross.

Tampaknya dengan mengakuisisi Push Pop Press, Facebook ingin memantapkan statusnya sebagai one stop social media entertainment, dengan menambahkan fitur yang berhubungan dengan buku-buku digital di situsnya.

Permintaan Pasar

Atau kemungkinan lainnya adalah Facebook sedang mempelajari selera pasar sosial media dengan melihat minat penggunanya yang banyak menyebutkan film, buku, dan lagu favorit pada profil mereka. Dan masih berhubungan dengan visinya sebagai distributor entertainment, mungkin juga Facebook melihat ada potensi pasar pada buku-buku digital, sebagai sumber pendapatan barunya selain iklan.

Mengakuisisi Desainer dan Programer Berbakat

Akan tetapi, walaupun dengan atau tanpa agenda apapun, proses akuisisi ini memungkinkan Facebook untuk mendapatkan desainer dan programer berbakat yang ada dibalik Push Pop Press. Sebut saja Mike Matas dan Kimor Tsintersi, co-founder Push Pop Press yang merupakan mantan pegawai Apple yang masing-masing ahli dalam bidang software interface dan software engineer.

Dengan adanya tambahan kekuatan baru pada Facebook ini, tidak diragukan lagi Facebook akan memantapkan diri sebagai situs jejaring sosial paling kuat diantara para pesaingnya yang lain.

Masuk ke pasar iPhone dan iPad

Dan kemungkinan yang cukup besar juga adalah pemantapan Facebook dalam memasuki pasar iPhone dan iPad. Facebook memerlukan ide baru untuk menyegarkan strateginya memasarkan situs jejaring sosial beranggotakan 750 juta ini ke iPhone dan iPad. Hal ini lah yang merupakan kekuatan utama yang dimiliki Push Pop Press yang bisa dimanfaatkan Facebook.

Menurut Anda apakah strategi yang sedang direncanakan Facebook dengan inovasinya kali ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda