Scroll to Top

Jose Mourinho Siap Melatih Hingga Usia 70 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

Jose Mourinho 3

Kapan Jose Mourinho pensiun? Jawabannya masih sangat lama. The Special One menyebutkan, ia bisa saja menjadi pelatih hingga usia 70 tahunan, seperti halnya Sir Alex Ferguson (Manchester United). Alasannya simpel, karena Jose Mourinho sangat mencintai sepakbola.

Jose Mourinho. 12 tahun sudah kita melihatnya menangani tim profesional sebagai pelatih. Dimulai dari Benfica pada tahun 2000, The Special One menancapkan kukunya di dunia sepakbola.

Tercatat sudah enam klub yang dilatihnya. Setelah Benfica, ia mendarat di Leiria (2001-2002), Porto (2002-2004), Chelsea (2004-2007), Internazionale (2008-2010), dan Real Madrid (2010-sekarang). Bersama klub-klub tersebut, sekian gelar domestik dan Eropa sudah disandang Mou. Pertanyaannya, kapan sang pelatih akan meletakkan jabatannya?

Masih sangat lama. Jose Mourinho menyebutkan bahwa ia mungkin saja bertahan sebagai pelatih di dunia sepakbola hingga usia 70 tahunan, seperti Alex Ferguson (Manchester United).

“Saya sangat mampu memahami mengapa Alex (Ferguson) masih menjadi manajer (di usia 70). Saya pikir, saya akan melakukan hal serupa. Saya sangat mencintai sepakbola, sangat mencintai pekerjaan sebagai pelatih. (Sebagai pelatih) saya masih bisa disebut sangat muda di usia 50 tahun. Dan, saya yakin masih banyak hal yang mesti dicapai ke depan,” kata El Unico dalam sebuah wawancara.

Tepat empat bulan lagi, Jose Mourinho akan berulang tahun ke-50. Tepatnya pada 26 Januari 2013 mendatang. Tentang hal ini, Mou berusaha tetap optimis.

“Kadang usia 50 tahun bisa berdampak negatif bagi sebagian orang karena mereka menyadari, dunia berputar demikian cepat sedang hidup begitu singkat. Namun, bagi saya, angka 50 membuat saya menoleh ke belakang sekaligus memandang ke depan pula. Semua yang saya kerjakan (hingga usia ini) sangat luar biasa. Kala memandang ke (masa depan), saya merasa lebih baik, lebih kuat, dan lebih berpengalaman. Saya pikir, saya masih baru berada di awal karier sebagai pelatih.”

Mou sudah menghasilkan dua gelar Liga Champions untuk dua klub berbeda. Yaitu Porto (2003) dan Internazionale (2010). Ia mencanangkan target, musim ini Madrid akan meraih gelar terbaik di Eropa.Sebuah pencapaian apik untuk seorang pelatih muda di usia 50 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda