Scroll to Top

PSSI Vs KPSI: La Nyalla Mattalitti, Bersabarlah!

By Aditya / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

La Nyalla Mattalitti

Ketua Umum PSSI hasil KLB Ancol versi KPSI, La Nyalla Mattalitti, diminta bersabar mengenai proses pengembalian dirinya ke jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI seperti yang diamanatkan dalam rapat kedua Joint Committee (JC) atau Komite Gabungan di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 September 2012 silam.

Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin, Halim Mahfudz. Menurut Halim Mahfudz, saat ini pihaknya masih merumuskan proses pengembalian empat anggota Exco yang pernah dipecat, termasuk La Nyalla Mattalitti.

“Salah satu poin hasil rapat JC di Kuala Lumpur adalah disepakati kembalinya keempat mantan anggota Exco tersebut,” ujar Halim Mahfudz di Jakarta belum lama ini.

“Tetapi, dalam poin itu juga dijelaskan mekanisme pengembaliannya diatur oleh Sekjen PSSI. Harap bersabar, saat ini saya sedang menyusun proses pengembalian mereka,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Halim Mahfudz meminta kepada La Nyalla Mattalitti, Erwin Dwi Budiawan, Tonny Apriliani, dan Roberto Rouw, untuk bersabar sembari menanti perumusan proses pengembalian mereka ke kursi anggota Exco PSSI selesai.

La Nyalla Mattalitti, Erwin Dwi Budiawan, Tonny Apriliani, dan Roberto Rouw memang telah dipecat dari kepengurusan PSSI rezim Djohar Arifin Husin pada akhir Desember 2011. Mereka dianggap melanggar Statuta PSSI dan Kode Etik PSSI.

Lantaran pemecatan tersebut, keempat mantan anggota Exco PSSI itu lantas membentuk KPSI dan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Ancol yang memunculkan La Nyalla Mattalitti sebagai Ketua Umum PSSI versi KPSI.

Selain itu, KPSI juga membawahi kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan membentuk Timnas Indonesia tandingan di bawah asuhan Alfred Riedl.

Masalah dualisme kepengurusan inilah yang menjadikan kisruh di persepakbolaan nasional semakin parah hingga digagaslah pertemuan antara wakil dari PSSI dan KPSI yang kemudian melahirkan Joint Committee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda