Scroll to Top

BlackBerry 10 Dipamerkan RIM, Ini Fitur Barunya

By Ditya / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

BB 10 active frame

RIM telah memamerkan versi beta atau uji coba dari sistem operasi terbaru mereka, BlackBerry 10. Melalui berbagai fitur baru yang ditawarkan oleh BlackBerry 10, RIM menargetkan akan menduduki posisi ketiga dipasar.

Sistem operasi Blackberry 10 ini datang dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah model navigasi dan multitasking baru yang disebut sebagai flow.

Pada layar utama atau homescreen BlackBerry 10 terdapat sebuah Active Frame yang secara fungsi mirip dengan live tile pada Windows Phone atau widget pada Android. Active Frame ini berupa thumbnail yang dapat mewakili aplikasi atau semacam launcher yang dapat diakses dengan cepat.

BlackBerry 10 mengusung ikon yang tersusun secara grid dan tak jauh beda dengan tampilan icon iOS maupun Android. Pengguna dapat beralih dari kategori personal ke work untuk menampilkan layout icon yang berbeda serta pengaturan yang berbeda pula. Melalui pembagian ini, RIM mengatakan bahwa BlackBerry 10 cocok untuk keperluan bisnis maupun keperluan pribadi.

Tampilan BB10

Navigasi pada BlackBerry 10 ini berbasis gesture, sehingga untuk membuka kunci atau merpindah-pindah menu, pengguna tak perlu menekan layar, tapi cukup dengan mengusapnya saja. Teknologi ini jauh berbeda dari SurePress yang terdapat di layar BlackBerry seri Storm.

Sistem operasi BlackBerry 10 ini juga lebih ‘sosial’ karena telah terintegrasi secara native dengan berbagai layanan sosial media seperti Facebook dan Twitter serta aplikasi messaging yang terintegrasi yang memuat pesan singkat, tweet, email dan pesan lainnya dalam satu tempat saja.

Sistem operasi BlackBerry 10 ini memang menggunakan basis pengembangan yang jauh berbeda dibanding sistem operasi BlackBerry 7. BlackBerry 10 ini menawarkan perubahan yang radikal yang diikuti dengan berbagai fitur baru yang ditawarkan oleh RIM.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica dan The Verge (25/09/2012), BlackBerry 10 akan menjadi harapan RIM untuk mengembalikan kejayaan RIM sekaligus menjadikannya pesaing kuat bagi Android, iOS dan Windows Phone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda