Share

agya ayla

Toyota Agya dan Ayla telah dipamerkan beberapa waktu lalu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Mobil ini diklaim menjadi kendaraan ramah lingkungan yang bakal dibanderol dengan harga yang sangat murah. Bayangkan saja, untuk yang masuk dalam varian Low Cost Green Car (LCGC) nantinya bisa didapatkan pada rentang Rp 75-Rp 100 juta. Harga ini masih bisa berubah saat Pemerintah Indonesia benar-benar menggelontorkan insentif pengurangan pajak PPnBM. Dan, diperkirakan akan menjadi salah satu mobil incaran.

Toyota Agya dan Ayla muncul sebagai kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra International. Kedua mobil bakal menjadi pesaing Mitsubishi Mirage, Honda Biro, dan Nissan March. Penamaan produk ini mengambil dari bahasa Sansekerta. Agya berarti “Cepat” dan Ayla bermakna “Cahaya”.

Menurut desainer Agya dan Ayla, Mark Widjaja, kendaraan tersebut punya panjang 3.580 mm dengan lebar 1.600 mm. Sementara tingginya 1.510 dan berjarak sumbu roda 2.730 mm. Melongok ke dalamnya, pemilik mobil akan mendapati kabin yang cukup luas dan panjang dibanding city car lain yang sudah dirilis. Konsep desain mobil seperti ini konon disukai oleh peminat mobil di Indonesia. Dan, desain ini dirancang oleh desainer Indonesia.

Untuk Toyota Agya rencananya dirilis dengan tiga varian yaitu TRD-S, High-Grade (G), dan Medium-Grade (E). Banyak fitur yang didapatkan dari ragam varian ini.  Varian TRD S dan High Grade (G) memiliki spoiler sporty di belakang, electric outer mirror, chrome A/C register, chrome list combination meter, handle pintu berlapis krom dan side protective moulding, velg alloy berpalang enam,  ban 175/65 R14, headlamp, foglamp dengan aksesoris krom,  2 din Audio CD/MP3/USB/Aux, chrome parking brake knob dan chrome parking shift lever knob, dan sistem power steering. Untuk varian Medium-Grade (E) ada perbedaan pada speedometer, dan 1 din Audio CD/MP3/USB/Aux.