Scroll to Top

Idola Sekolah Cenderung Suka Rokok

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

remaja rokok

Masa remaja biasanya senang dengan popularitas. Tidak ayal ketika seseorang menjadi primadona di sekolahnya, dia menjadi incaran lawan jenisnya untuk sekadar berteman bahkan menjadi pacar. Masa puber seperti masa SMP dan SMA adalah usia yang tidak lepas dari hal ini. Namun, menjadi idola sekolah juga rentan dengan kebiasaan buruk. Menurut studi di di Universitas Southern California, orang yang tergolong idola kerap ditemui suka merokok.

“Menjadi populer ada ‘biayanya’, dan ‘biaya’ itu adalah memastikan mereka mempertahankan popularits itu,” kata Tom Valente, guru besar ilmu pengobatan pencegahan di Universitas Southern California.

Yang dimaksud “biaya” menurut Valente, salah satunya dengan merokok. Rokok seperti dianggap simbol dari orang yang dekat dengan popularitas. Akhirnya, remaja idola kerap ditemui sebagai perokok dini di kalangan pelajar. Dan, ketika satu orang menjadi perokok, dia menjadi agen penular kebiasaan ini untuk teman-temannya. Valente menemukan, saat anak-anak kelas 9 dan 10 ada yang merokok maka segera diikuti oleh teman yang lain.

Buruknya, kebiasaan merokok yang dimulai sejak dini justru makin berat penyembuhannya. Mengatasi ketergantungan merokok saat remaja, lebih sulit dilakukan dibanding membantu perokok yang mengawalinya sewaktu dewasa.

“Ada banyak penelitian mengenai dampak obat-obatan terlarang dan alkohol pada perkembangan otak, yaitu semakin dini para remaja mengonsumsinya, mereka akan semakin kecanduan,” kata Cara Lee, penasehat pendidikan penanggulangan alkohol dan tembakau di distrik California Selatan, seperti dikutip VOA News.

Merokok bukan hal yang baik. Namun, persepsi pada orang berusia remaja, merokok kerap diasosiasikan sebagai tindakan yang keren dan bisa membuat terkenal di lingkungan sekolahnya. Pendapat inilah yang mesti segera diluruskan dari pikiran remaja yang rata-rata masih labil dalam cara berpikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda