Scroll to Top

Ingin Jantung Sehat, Makan Saja Cabai Merah

By C Novita / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

jantung sehat makan cabai

Cabai ternyata tak hanya dapat berfungsi untuk melezatkan makanan dengan cita rasa pedasnya. Manfaat cabai untuk kesehatan pun cukup banyak, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung.

Ini karena cabai mempengaruhi kadar kolesterol jahat dalam darah hingga menurun, juga membuat fibrin atau zat yang memicu pembentukan pembekuan darah, menjadi larut. Hasilnya, peredaran darah lancar dan sehat.

Masih ada manfaat cabai untuk kesehatan lainnya. Ingin tahu? Berikut ini seperti dilansir situs Vemale;

  • Anti radang. Kapsaisin adalah salah satu zat yang ada dalam cabai merah dan berfungsi menghambat munculnya neuropeptida. Neuropeptida sendiri bertanggungjawab akan terjadinya proses peradangan.
  • Melegakan pernafasan. Ingat saat Anda sedang pilek dan mengalami hidung tersumbat? Jika Anda mengkonsumsi makanan pedas misalnya bakso pedas, maka nafas akan terasa lega bukan? Ini terjadi karena rasa panas dari cabai merangsang sekresi saluran pernafasan dan membuat hidung lebih lega dari sumbatan lendir.
  • Kekebalan tubuh. Vitamin C, vitamin A, dan juga B pada cabai dapat membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit semacam flu, batuk, pilek.
  • Kanker. Ternyata cabai yang kaya zat kapsaisin juga dapat berfungsi melawan penyebaran sel kanker prostat. Tentu saja dengan konsumsi yang bijaksana dan tak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda