Scroll to Top

Persiba Bantul Ingin Pindah ke ISL Karena Konsep IPL Tak Jelas

By Aditya / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

Persiba Bantul

Satu lagi klub Indonesia Premier League (IPL) yang ingin hijrah ke Indonesia Super League (ISL) setelah Persijap Jepara. Adalah Persiba Bantul yang berminat pindah ke ISL lantaran konsep IPL dinilai tidak jelas. Bahkan, tim kebanggaan warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, itu akan segera mengajukan keinginannya kepada pengelola ISL, PT Liga Indonesia.

Manajer Persiba Bantul, Briyanto AS, mengakui bahwa pihaknya ingin pindah ke ISL. Keinginan itu muncul setelah perwakilan tim berjuluk Laskar Sultan Agung itu mengikuti pertemuan yang diadakan oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), selaku pengelola IPL, beberapa waktu silam.

Hasil pertemuan yang dihadiri para utusan dari klub-klub IPL itu, sebut Briyanto AS, ternyata mengecewakan. Ada beberapa hal terkait konsep IPL musim depan yang tidak jelas dan berpotensi merugikan klub peserta.

“Saya khawatir jika kami ikuti konsep itu, justru akan membuat penderitaan bagi kami,” keluh Briyanto AS di Yogyakarta belum lama ini.

Salah satu ketidakjelasan konsep yang ditawarkan LPIS adalah konsep sponsorship. LPIS menjanjikan akan mencarikan sponsor tunggal bagi klub-klub yang berlaga di IPL musim depan.

Konsep sponsor tunggal ini pun ditentang keras oleh Persiba Bantul yang meragukan komitmen sponsor ataupun komitmen dari LPIS sendiri terkait pengelolaan keuangan klub di IPL musim depan nanti.

Persiba Bantul semakin ragu untuk melanjutkan kiprahnya di IPL karena ketidakjelasan mengenai pelunasan hutang kepada klub-klub IPL oleh konsorsium. Ketika Persiba Bantul menanyakan soal itu, pihak Masyarakat Mitra Bola Indonesia (MBI) selaku Konsorsium IPL terkesan angkat tangan.

IPL musim 2011/2012 memang menyisakan banyak masalah. Yang paling utama tentunya persoalan finansial klub, terlebih lagi pelunasan gaji pemain, yang masih saja belum terselesaikan hingga kini.

Kendati beberapa klub ISL juga mengalami masalah serupa, namun pertanggungjawaban Konsorsium IPL, LPIS, dan PSSI yang lebih disorot karena selain lebih banyak klub yang bermasalah, juga janji-janji manis yang awalnya ditawarkan.

Jika benar jadi hijrah ke IPL, maka Persiba Bantul menjadi tim IPL kedua setelah Persijap Jepara yang telah terlebih dulu melakukan hal tersebut. Selain itu, Semen Padang juga pernah dikabarkan ingin pindah dari IPL ke ISL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda