Scroll to Top

Tak Hanya di FB, Malware Juga Menyebar Lewat DM Twitter

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

Twitter Pelecehan

Penjahat cyber tak kehabisan akal dalam mengincar korbannya. Tak hanya di FB, mereka juga menyebar tautan jahat yang berisi malware melalui DM (Direct Message) Twitter. Pengguna wajib berhati-hati dan waspada agar tak menklik link yang menawarkan konten menggiurkan.

Selain Facebook, Twitter adalah jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna yang mengagumkan. Inilah potensi yang diincar oleh penjahat cyber. Serupa dengan Facebook, modus yang digunakan adalah dengan menyamar sebagai teman.

Naked Security menemukan bila beberapa pengguna mendapati sebuah pesan (DM) kiriman dari beberapa teman yang menyematkan tautan berbahaya. Tujuannya jelas agar user yang menkliknya terinfeksi program jahat.

Twitter Malware

Pola penyusupan program jahat pun beragam. Misalkan saja dengan mengajak pengguna untuk melihat sebuah video yang disematkan di Facebook. Pengguna nantinya seolah-olah tak bisa memutar video tersebut dengan dalih pemutar media belum dimutakhirkan (Flash Player).

Kemudian pengguna akan diarahkan ke laman Facebook palsu untuk meng-update pemutar media ke versi terbaru. Tentu saja yang bakal diunduh bukan Flash Player paling gress. Dan pengguna yang terlanjur mengunduh program jahat tersebut akan secara otomatis menyebar pesan serupa ke teman-temanya.

Cara paling sederhana dalam menangkal ancaman ini adalah dengan tidak menklik tautan sembarang. Dimana pun tautan tersebut disebar, perhatikan siapa yang mengirim dan konten apa yang dikirim. Jika perlu konfirmasi ke pengguna yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda