Scroll to Top

Liga Inggris: Fabrice Muamba Terbitkan Buku Autobiografi

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

Fabrice Muamba

Fabrice Muamba mengumumkan bahwa ia akan meluncurkan buku autobiografinya yang ia beri judul “I’m Still Standing” pada bulan November mendatang. Buku itu mengisahkan kehidupan Muamba dan bagaimana ia melewati “kematian” yang ia alami pada Maret silam.

Kematian yang dimaksud adalah ketika Muamba mengalami serangan jantung dan kolaps di laga antara Tottenham Hotspur vs Bolton Wanderers. Saat itu, jantungnya sempat berhenti berdetak selama 78 menit!

Ajaibnya, Muamba bisa bertahan hidup dan hanya menghabiskan waktu sebulan di The London Chest Hospital untuk memulihkan kondisinya sebelum memutuskan pensiun dari sepakbola pada Agustus kemarin.

Buku itu juga akan mengisahkan bagaimana Muamba menjalani masa pemulihan yang ia jalani dan juga kehidupannya secara keseluruhan.

Muamba adalah pria kelahiran Kongo pada 1988 silam dan baru menetap di Inggris pada usia 11 tahun untuk bergabung bersama tim junior Arsenal. Namun kariernya di tim senior Arsenal tak berjalan mulus.

Ia lalu dipinjamkan ke Birmingham City dan mendapat kontrak permanen disana selama tiga musim. Tapi pada 2008 ia memutuskan untuk hijrah ke Bolton Wanderers dengan banderol 5 juta pounds dan mencatat 130 penampilan bagi The Trotters. Sementara di level timnas, Muamba pernah mengecap 33 caps bersama Timnas Inggris U-21.

Muamba memutuskan untuk pensiun sebelum musim kompetisi 2012-2013 dimulai atas saran dokter yang menangani proses penyembuhannya.

Berminat dengan buku autobiografi Muamba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda