Scroll to Top

Tak Sudi Hapus Profil Palsu, Facebook Bayar Denda Rp 14 Juta ke Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 27 Sep 2012

mengakses facebook

Pengadilan Brasil memutuskan Facebook bersalah atas dakwaan kerusakan moral karena enggan menghapus profil pengguna yang berisi nama dan data diri palsu. Akibatnya Facebook harus membayar denda USD 1.500 atau sekitar Rp 14 juta pada pihak yang dirugikan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke AFP, Pengadilan Distrik Federal di Brasilia memutuskan Facebook Brasil harus membayar ‘reparasi’ ganti rugi dan atas kerusakan moral yang disebabkan oleh penggunaan gambar dan foto yang ada di profil palsu tersebut.

Laman profil palsu yang dimaksud memiliki konten gambar serta foto dan data pribadi milik pengguna yang diposting oleh pihak ketiga. Sedangkan korban sendiri, Nadya Pereira, telah melapor ke Facebook dan meminta laman tersebut dihapus. Namun apa lacur, birokrasi Facebook menyulitkannya.

“Saya telah melaporkan ini tetapi facebook tidak menghapus laman tersebut. Saya melakukan semua apa yang mereka minta. Saya mengirim bukti identitas dan nomor fiskal. Namun mereka kemudian menghapus profil tersebut setelah saya mengambil tindakan hukum,” bebernya.

Facebook Brasil berpendapat jika permintaan laman palsu harus langsung ke situs Facebook.com, dan mereka (Facebook Brasil) bukan merupakan administrator jejaring sosial semiliar umat tersebut. Namun pengadilan berkata lain dan Facebook (Brasil) harus membayar denda.

Pada bulan Agustus silam Facebook Brasil juga terkena kasus yang hampir serupa tatkala gagal menghapus laman yang menyerang anggota dewan kota yang ingin mencalonkan diri dalam pemilu. Kala itu Facebook Brasil bahkan disuspensi hingga 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda