Scroll to Top

Facebook Ingin Dominasi Pasar Rusia?

By Ditya / Published on Thursday, 27 Sep 2012

mark zuckerberg

Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dikabarkan akan berkunjung ke Rusia untuk bertemu dengan milyarder Rusia. Di negara bekas Uni Soviet ini, kehadiran Facebook memang belum mendominasi.

Mark Zuckerberg dikabarkan akan bertemu dengan milyarder Rusia yang telah mengembangkan sebuah pusat bisnis mirip Silicon Valley di dekat Moskow. Hal ini dinilai sebagai manuver Mark Zuckerberg agar meningkatkan popularitas jejaring sosialnya di Rusia.

Seleain menemui miliarder Rusia, Mark Zuckerberg juga dikabarkan berkunjung di Skolkovo Innovation Center yang berlokasi diluar kota Moskow. Di Skolkovo Innovation Center, Mark Zuckerberg juga dijadwalkan akan bertemu dengan perdana menteri Rusia, Dmitry Medvedev.

Juru bicara jejaring sosial Facebook juga telah mengkonfirmasi bahwa CEO sekaligus pendiri Facebook memang berencana akan mengunjungi Rusia, namun pihaknya tidak membeberakan kegiatan apa yang dilakukan Mark Zuckerberg di Rusia.

Facebook memang telah mendominasi pasar jejaring sosial di berbagai belahan dunia seperti Amerika, Eropa dan Asia, termasuk Indonesia. Namun sampai saat ini, Rusia adalah salah satu pasar yang masih sulit ditembus oleh Facebook.

Raksasa jejaring sosial besutan mark Zuckerberg ini dikabarkan hanya memiliki 5 juta pengguna di Rusia dan kunjungan Mark Zuckerberg ini dikabarkan salah satu manuvernya untuk meningkatkan jumlah pengguna Facebook di Rusia.

Rusia sendiri memiliki jumlah populasi penduduk 140 juta orang dan kurang dari 15% pengguna internetnya adalah pengguna Facebook. Tak hanya di Rusia Facebook terlihat kurang populer, tapi juga di negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan.

Seperti yang dilansir dari CNET (26/09/2012), Facebook akan menghadapi pesaing kuat di Rusia, yaitu VKontakte yang didirikan oleh seorang bernama Pavel Durov. Pavel Durov sendiri sering dijuluki sebagai Mark Zuckerberg-nya Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda