Scroll to Top

4 Alasan Google+ Brand Pages Lebih Baik Dibandingkan Facebook Fan Pages

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 09 Aug 2011

facebook vs google plusPengguna Facebook aktif saat ini sudah mencapai lebih dari 750 juta, kontras dengan Google+ dimana kabar terakhir sudah tembus 25 juga user. Perbandingan ini akan menjadi pertempuran yang cukup panjang bagi penguasa mesin pencari Google jika ingin menyaingi situs jejaring sosial yang sudah mendunia itu.

Namun ada sesuatu hal yang layak kita bandingkan jika dilihat dari mata pengiklan dimana Google+ masih bisa dikatakan lebih bagus dibandingkan dengan Facebook. Umumnya saat ini pemasang iklan seperti perusahaan, atau individu yang bergerak dalam bidang internet marketing menggunakan Facebook Pages sebagai sarana menjaring penggemar. Agar mereka memiliki banyak penggemar yang nantinya bisa di dorong menjadi konsumen yang loyal maka mereka mengiklankan Facebook Pages itu melalui halaman iklan Facebook.

Beberapa kendala ditemui oleh pengiklan, diantaranya sulitnya melakukan pelacakan terhadap mana iklan yang diperoleh dari Facebook dan diluar Facebook, trafik yang tak berkualitas, keterbatasan kustomisasi, serta tak efisiensinya iklan. Alih-alih mereka mendapatkan konversi iklan yang bagus, yang terjadi adalah pembuangan rupiah yang sia-sia.

Satu-atau dua bulan lagi, Google+ akan meluncurkan apa yang disebut sebagai Google+ Brand Pages. Layanan ini mirip dengan Facebook Fun Page tapi ada sesuatu yang membuat para marketer tak sabar program ini segera di luncurkan.

Apa saja sih kira-kira keunggulan Google+ Brand Pages yang membuatnya masih lebih baik dibandingkan dengan Facebook Pages?

1. Memberikan Peluang Pencarian Yang Lebih Baik
Kendala utama yang dihadapi para pengiklan yang menggunakan iklan berdasarkan pencarian di Facebook adalah rendahnya nilai CTR (click through rate) dimana umumnya pengguna mendapatkan hasil pencarian domain yang kurang relevan. Hal ini mendorong iklan kurang efektif dan peningkatkan nilai CPC (rupiah uang yang harus dibayar pengiklan untuk tiap kliknya). Google yang sudah berpengalaman dalam hal ini bisa menerapkan sistem ranking dan prioritas sehingga domain-domain yang memiliki branding utama bisa muncul dibagian teratas, dengan demikian efektifitas iklan bisa ditingkatkan.

2. Lebih Terkustomisasi
Iklan Facebook terbatas hanya dalam bentuk iklan seadanya saja, terkadang dibarengi dengan video dan poling. Hal tersebut membatasi kreatifitas untuk masalah branding perusahaan. Dengan melihat desain Google+ personal pages maka diprediksikan dua kolom ukuran skyscraper yang ada dikedua sisi akan menjadi media iklan yang bisa terkustomisasi untuk keperluan branding perusahaan.

3. Pelacakan Statistik Yang Lebih Detail
Google memiliki pengalaman dengan Google Analytics. Bisa jadi Google akan mengintegrasikan hal ini dengan Google+ Brand Pages dengan demikian data statistik yang didapatkan pengiklan akan lebih majemuk misalnya halaman apa yang diaca oleh penggemar, darimana mereka datang dan sebagainya.

4. Google Bisa Lebih Banyak Belajar Dari Facebook
Facebook bisa dibilang sebagai perintis kosenksi secara langsung antara suatu merk dengan para penggemarnya melalui situs jejaring sosial, dan hal ini akan terus benilai untuk para musisi atau selebritis. Akan tetapi lain pula bagi industri asuransi, kesehatan atau katakanlah kertas toilet, Google+ ada untuk menjembatani hal ini dan menyediakan pembicaraan terbuka yang berfokus pada branding dan informasi berguna yang bisa diperoleh hanya dari satu tempat saja. Pastilah akan lbih banyak lagi hal yang bisa dipelajari dari Facebook, dan saya yakin Google adalah pembelajar yang sangat cepat.

One thought on “4 Alasan Google+ Brand Pages Lebih Baik Dibandingkan Facebook Fan Pages”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda