Scroll to Top

Timnas Indonesia: Generasi Baru Yang Bermain dengan Hati

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 27 Sep 2012

Irfan Bachdim Timnas

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 5-0 atas tuan rumah Brunei Darussalam dalam pertandingan persahabatan pada Rabu, 26 September 2012. Pelatih Nil Maizar menyebut bahwa kunci kemenangan Timnas Indonesia kali ini adalah bermain dengan hati dan menikmati jalannya pertandingan. Kubu Brunei Darussalam sendiri memuji penampilan generasi baru Garuda. Media The Brunei Times menyebutkan bahwa generasi baru timnas Indonesia “memberi pelajaran sepakbola yang menyakitkan” untuk tuan rumah.

“Ini generasi baru timnas Indonesia. Skuad kami berbeda dibandingkan (skuad) Piala AFF dua tahun lalu,” demikian ucapan Nil Maizar pada The Brunei Times menjelang pertandingan Brunei Darussalam vs timnas Indonesia semalam.

Dan generasi baru timnas Indonesia, sukses menaklukkan tuan rumah dengan skor telak 0-5. Irfan Bachdim menjadi bintang lapangan dengan hattricknya. Sementara, gelandang Taufiq juga layak diberi empat jempol atas kontribusinya di lapangan tengah timnas Indonesia.

Seusai laga, Nil Maizar memuji penampilan anak asuhnya. Menurutnya, kinerja apik yang ditampilkan oleh Garuda kali ini disebabkan oleh sikap para punggawa yang bermain dengan hati.

“Saya meminta mereka (timnas Indonesia) untuk bekerja keras dan mereka melakukannya. Yang paling penting, mereka bermain dengan hati dan menikmati jalannya laga. Anda tak bisa bermain sepakbola jika tertekan,” kata Nil Maizar seperti dikutip oleh The Brunei Times pada Kamis (27/9).

Pujian tidak hanya datang dari dalam negeri. Pelatih Brunei Darussalam, Kwon Oh-son mengaku bahwa level permainan timnas Indonesia berbeda dengan timnya.

“Kami menyadari, senantiasa berat menghadapi salah satu tim terbaik di wilayah Asia Tenggara. Indonesia berada di level berbeda dari kami dalam segi kemampuan dan pengalaman.”

The Brunei Times sendiri mengambil judul “Pelajaran Sepakbola Menyakitkan untuk Brunei” untuk mengupas jalannya pertandingan semalam. Kenangan manis ketika timnas U-21 mereka menekuk Indonesia U-21 dengan skor 2-0 di HBT (Hassanal Bolkiah Trophy) lenyap oleh ketangguhan Indonesia.

Timnas Indonesia disebut tampil fokus dan dengan mudah menciptakan ruang untuk membongkar lini belakang Brunei. Penampilan lini belakang kokoh Garuda yang dikomandoi oleh Wahyu Wijiastanto-Hamdi Ramdhan juga menjadi sorotan.

Kemenangan timnas Indonesia atas Brunei Darussalam sendiri menjadi modal penting demi persiapan menghadapi AFF Cup mendatang. Masih ada serangkaian ujicoba untuk mematangkan skuad yang starting line-upnya kemarin memiliki rata-rata usia 25 tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda