Scroll to Top

Facebook Mulai Menghapus Akun, Page, Like, dan Pengguna Palsu

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 27 Sep 2012

Facebook Bersih-Bersih

Facebook ternyata tak main-main dengan niatnya untuk memberantas akun palsu. Tak hanya akun, sejumlah laman, jempol, dan pengguna palsu pun juga turut dimusnahkan. Laman CNET News edisi Kamis (27/09/12) menulis, jika banyak akun brand dan artis serta perusahaan yang mulai kehilangan puluhan ribu like.

Salah satu laman yang paling banyak kehilangan jumlah like adalah Texas HoldEm Poker. Laman ini harus relah 96.317 jempolnya berkurang dalam sehari. Laman selebritis pun demikian. Lady Gaga misalnya yang harus kehilangan 31.738 jempol.

Pada bulan lalu Facebook memang telah mengumumkan akan membasmi segala hal terkait dengan kepalsuan di jejaring sosial mereka. Namun Facebook tidak menentukan kapan waktu pelaksanaan pembasmian tersebut.

Namun pemilik laman di Facebook tak perlu khawatir. Meski jempol mereka telah berkurang, Facebook memastikan jika aksi bersih-bersih ini tak akan melebihi 1% dari jumlah total like yang dimiliki. Asalkan mereka mengikuti aturan yang diberlakukan Facebook.

Aturan ini tentu saja mengacu pada sumber-sumber like yang mencurigakan. Misalkan dengan jual beli like palsu atau mendapatkan like dari pengguna palsu. Bukan menjadi rahasia umum jika sebagian besar total like laman brand atau perusahaan diragukan keasliannya.

Jika melihat dari temuan yang dituliskan CNET News, tak hanya laman brand atau perusahaan yang kehilangan jumlah jempol yang tak sedikit. Laman selebritis pun demikian. Sebuh saja Michael Jackson (17.591), Rihanna (22.198), Eminem (15.420), Shakira (22.667), atau Justin Bieber (17.890).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda