Scroll to Top

Tidur Siang Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

By Ilham Choirul / Published on Friday, 28 Sep 2012

tidur-siang

Sebagian orang mungkin tidak sempat untuk melakukan aktivitas tidur siang. Faktor pekerjaan barangkali yang menjadi alasan dominan. Ketiadaan alokasi waktu membuat kegiatan bermanfaat ini dipandang remeh. Padahal, tidur siang bisa menjadi sebab sehatnya sistem kardiovaskular dalam tubuh.

Sebuah studi di Yunani mengungkapkan, risiko penyakit kardiovaskular bisa menurun hingga 37 persen pada orang-orang yang melakukan tidur siang. Minimal untuk mendapatkan hasil ini diperlukan tidur selama setengah jam sebanyak tiga kali dalam sepekan. Seperti dikutip Genius Beauty, justru banyak orang malah menahan kantuknya dengan makan permen atau minum kopi di tengah hari. Akibatnya, kala pengaruh permen dan kopi hilang, kantuk dan letih kembali menyerang.

Tapi, tidur siang pun jangan asal-asalan. Sebaiknya tidur siang dilakukan pada pukul 13.00 hingga 15.00. Untuk lamanya tidur, disarankan tidak lebih dari 45 menit. Sebab, kelamaan tidur siang bisa membuat kepala terasa berat. Tidur siang 20 menit sebenarnya juga cukup untuk mengembalikan sebagian tenaga.

Pada studi lain di Selandia Baru mengatakan, ada perbaikan kinerja yang lebih baik pada pegawai di pengendali lalu lintas udara ketika mereka menyempatkan diri untuk tidur siang selama 40 menit. Tidur siang diketahui pula dapat mempercepat metabolisme, mencegah penuaan, meningkatkan kekuatan mengingat, dan membantu menjaga kewaspadaan mental.

Jadi, di sela waktu istirahat kerja Anda, tidak ada salahnya menyempatkan tidur siang meski kurang dari 30 menit. Albert Einstein, Leonardo da Vinci, dan Nikola adalah beberapa tokoh terkenal dunia yang dikenal punya kebiasaan tidur siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda