Scroll to Top

Pencegahan HIV/AIDS Bisa Melalui Media Sosial

By Ibnu Azis / Published on Friday, 28 Sep 2012

Media Sosial dan AIDS

Pencegahan HIV/AIDS bisa dilakukan melalui beberapa pintu. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini jika dimanfaatkan dengan benar bisa mendukung program pemerintah dalam mengkampanyekan bahaya HIV/AIDS di kalangan remaja yang riskan dengan perilaku seks bebas.

Krisna Murti, pakar komunikasi Universitas Indonesia (UI) menyatakan jika pencegahan terhadap manivestasi HIV/AIDS bisa dilakukan secara maksimal, khususnya terhadap generasi muda dengan memanfaatkan media sosial yang ada.

“Selain memanfaatkan media sosial yang ada seperti Facebook atau Twitter, sosialisasi dan pencegahan juga dapat dilakukan melalui media elektronik seperti telepon seluler dengan menyiarkan video tentang bahaya HIV/AIDS,” ujarnya.

Ade Sasongko, akademisi dari UI menambahkan jika upaya penanggulangan HIV/AIDS dalam tahap penularan harus disesuaikan dengan karakteristik warga. Sehingga program-program yang dijalankan bisa disampaikan dan berasimilasi dengan maksimal.

“Program-program yang ada dan yang direncanakan harus memiliki keterlibatan lembaga non-pemerintah yang peduli dengan HIV/AIDS masalah,” terangnya.

Indonesia memiliki penetrasi yang luar biasa di ranah media sosial. Untuk Facebook, negeri ini menduduki peringkat ke-4 negara ber-facebooker terbesar di dunia. Dan Jakarta sendiri bahkan menjadi ibukota Facebook dunia. Dengan demikian, media sosial memiliki potensi yang sangat kuat sebagai media kampanye dan edukasi pencegahan HIV/AIDS.

Masdar Mashudi, perwakilan dari MUI Jakarta menegaskan, jika peran agama juga penting dalam proses pencegahan ini. Dikutip dari Berita Satu, Jumat (28/09/12), menurutnya agama harus terlibat untuk menciptakan perspektif agama lebih manusiawi.

“Cara lain adalah dengan memasang stiker tentang bahaya seks bebas dan HIV/AIDS di daerah lokalisasi,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda