Kosin Persib

Mantan penjaga gawang Persib, Sinthaweechai Hathairattanakool atau yang lebih dikenal dengan nama Kosin, sukses membawa timnya, Chonburi FC Thailand, melaju ke babak semifinal AFC Cup 2012. Berkat Kosin, Chonburi mampu menyingkirkan tim kuat Al Shorta asal Suriah dengan skor 4-2 (agregat 5-4).

Dengan kemenangan ini, Chonburi menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang lolos ke babak semifinal AFC Cup 2012. Sedangkan dua duta Asia Tenggara lainnya, yakni Arema IPL (Indonesia) dan Kelantan FA (Malaysia), telah tersingkir. Arema IPL kalah 0-2 (agregat 0-4) dari Al Ettifaq (Arab Saudi), sementara Kelantan FA hanya mampu bermain seri 1-1 (agregat 2-6) saat menjamu Arbil (Irak).

Kosin menjadi pahlawan di laga Al Shorta melawan Chonburi yang dilangsungkan di Stadion Prince Mohammad International, Zerqa City, Yordania, Rabu (26/09/2012). Berkat aksi penyelamatannya dari tendangan penalti lawan, Kosin pun membuat Chonburi melaju ke babak semifinal.

Peluang untuk lolos Chonburi sebenarnya terbilang kecil. Pasalnya, saat bermain di kandang sendir, mereka justru kalah 1-2. Di laga tandang, Chonburi memerlukan kemenangan dengan selisih dua gol.

Kosin pun meningkatkan moral kawan-kawannya ketika kiper berusia 30 tahun itu sukses menggagalkan tendangan penalti pada menit ke-32. Empat menit berselang, Chonburi bahkan mampu unggul lewat gol Pipob On-Mo. Skor bertambah menjadi 2-0 setelah Thiago Cunha mencetak gol kedua bagi Chonburi. Pada akhirnya, Chonburi menang 4-2 lewat perpanjangan waktu dan berhak lolos ke semifinal.

Sinthaweechai Hathairattanakool alias Kosin pernah dua kali membela Persib Bandung, yakni pada 2006 dengan 33 penampilan dan pada 2009 dengan 14 caps. Penjaga gawang andalan timnas Thailand ini juga sangat dekat dengan Bobotoh dan memiliki tempat tersendiri di hati para pendukung Persib.