Scroll to Top

Atletico Madrid Pengusik Dominasi Barcelona-Real Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 28 Sep 2012

Atletico Madrid Pengusik Dominasi Barcelona-Real Madrid

Atletico Madrid bisa juara Liga Spanyol. Mereka sementara ini menjadi pengganggu dominasi Barcelona-Real Madrid: Rojiblancos duduk di posisi dua besar. Kalau biasanya raksasa El Clasico terbiasa hanya berpcau berdua, kini pasukan Diego Simeone siap menelikung celah. Mengingat kompetisi masih menyisakan 33 pekan lagi,  segalanya masih mungkin terjadi. Termasuk mimpi Atletico mengulang kejayaan mereka musim 1995-1996 ketika menjadi juara Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Siapa klub terkuat di Liga Spanyol? Kita mungkin akan membicarakan Barcelona dan Real Madrid. Dalam tiga tahun terakhir mereka bergantian menjadi juara dan runner-up.

Namun, jika bicara siapa wakil Spanyol paling tangguh di Eropa, jawabannya bukan kedua klub El Clasico. Dilihat dari jumlah gelar Atletico di Eropa dalam tiga tahun terakhir, mereka mengungguli Barcelona dan Real Madrid.

Atletico menjuarai Europa League 2010 dan 2012. Juga Piala Super Eropa di tahun yang sama. Sementara itu, Barca cuma sekali meraih gelar Liga Champions dan satu kali pula menjadi kampiun Piala Super Eropa (2011). Real Madrid, tetangga sebelah Atletico yang bertabur bintang, malah memiliki nol gelar di Eropa.

Bukan sebuah kebetulan jika kemudian, musim ini mereka bisa bersaing dengan Barcelona di puncak klasemen La Liga. Atleti cuma terpaut 2 angka dari Barca yang sempurna. Dan, meninggalkan sang tetangga 6 poin di belakang.

Rasa optimis layak melayang di kubu Rojiblancos layak melayang. Ketika mereka terakhir kali menjuarai La Liga (1995-96), kejadianya pun sama. Dalam lima laga awal, Atleti meraih 13 angka. Musim 1995-96 mereka menyikat Real Sociedad (4-1), Racing Santander (0-4), Athletic (0-2) dan Sporting Gijon (2-0) selain menahan imbang Sevilla (0-0).

Sementara itu, musim ini mereka tertahan oleh Levante (1-1) plus meraih empat kemenangan melawan Athletic (4-0), Rayo Vallecano (4-3), Valladolid (2-1), dan Real Betis (4-2).

Apakah raihan poin yang sama dengan 17 tahun lalu hanyalah kebetulan semata? Atau, takdir akan berpihak pada Radamel Falcao untuk mengulang prestasi juara?

Satu yang tak boleh dilupakan, Atletico yang sekarang berpotensi menyingkirkan dominasi Barca-Madrid ini adalah tim yang nyaris sama dengan Atletico Madrid kurang dari setahun lalu. Tim yang kala itu berjuang untuk keluar dari mimpi buruk dan diemohi oleh pendukung sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda